Topik Terhangat

Piala Eropa 2012 Spanyol Kembali Membuktikan Superioritasnya

Piala Eropa 2012 Spanyol Kembali Membuktikan Superioritasnya

Spanyol kembali membuktikan superioritas sepak bolanya. Mengalahkan Italia 4-0 di final Piala Eropa 2012 membuat mereka menoreh sejarah demi sejarah. Spanyol menjadi negara pertama yang mampu juara Piala Eropa dua kali berturut-turut.

Catatan emas lain, Spanyol menjadi negara pertama yang menjuarai tiga turnamen besar secara berturut-turut. Mereka menjuarai Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan terakhir Piala Eropa 2012.

Selain itu, Spanyol juga mampu menghancurkan mitos tak bisa menang atas Italia. Sejak menang 2-0 atas italia di Olimpiade 1920, ini pertama kalinya Spanyol mengalahkan “Gli Azzurri” di turnamen di bawah FIFA/UEFA dalam waktu normal. Sebelumnya, mereka menang adu penalti atas Italia di perempat final Piala Eropa 2008. Namun, dalam waktu normal mereka bermain imbang.

Catatan emas lain, Spanyol mulai mendekati perolehan gelar Jerman dan Italia. Kini, Spanyol sudah mengemas empat gelar besar, satu Piala Dunia, dan tiga Piala Eropa. Urutan pertama masih diduduki Jerman dengan enam gelar, diikuti Italia dengan lima gelar.

Selain itu, skor 4-0 adalah kemenangan terbesar dalam sejarah final Piala Eropa. Sebelumnya, kemenangan terbesar dipegang Jerman Barat (sekarang Jerman) yang menang 3-0 atas Uni Soviet (sekarang Rusia) di final Piala Eropa 1972.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :