Topik Terhangat

Pemilih Ganda, Panwaslu Minta KIP Pemungutan Suara Ulang

Pemilih Ganda, Panwaslu Minta KIP Pemungutan Suara Ulang

Meulaboh | DIliputnews – Terkait kasus yang dilakukan oleh Anggota DPRK Aceh Barat, melakukan pencoblosan ganda, di Desa Pasi Jambu, Kecamatan Kaway XVI, Panwaslu Aceh Barat meminta KIP untuk melakukan proses pemungutan suara ulang didua TPS tersebut.

Panwaslu Aceh Barat Rosni Idham mengatakan untuk menindaklajuti dugaan pencoblosan ganda yang yang dilakukan anggota DPRK Aceh Barat Ramli, SE.  akan melaporkan Ramli ke Penegak Hukum Terpadu atau Gakumdu.

“Untuk sementara kita sedang menunggu bukti serta pengaduan saksi pasangan kandidat Ramlis Ms-Moharradi, guna dijadikan laporan ke gakkmundu,” Ungkap Rosni

Selain itu Panwaslu Rosni Idham  juga meminta kepada KIP agar mengganti semua anggota Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS). “Mereka dianggap telah membantu melakukan ke curangan tersebut,” tuturnya.

Menurut Rosni Idham, terkait usulah melakukan pilkada ulang di seluruh Kecamatan, hal tersebut mustahil dilakukan karena ada tahapan- tahapan yang harus di lewati dan itu bukan tanggung jawab Panwaslu.

“Kalau untuk memutuskan masalah Pilkada ulang di seluruh Kecamatan Aceh Barat, maka mereka harus melaporkan tindakan pelanggaran yang dilakukan di semuat tempat dengan bukti- bukti yang jelas, ke panwaslu dan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau MK.” katanya.

Kata Panwaslu Rosni Idham, jika Ramli, SE terbukti bersalah karena telah melakukan pencoblosan ganda, maka dia akan dijerat dengan pasal 117 Undang- Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Pemilu.

“Dimana setiap orang  yang melakukan kecurangan  dalam pemilihan maka akan dikenakakan sanksi satu bulan atau paling lama empat bulan kurungan dan denda  dua ratus ribu hingga satu juta rupiah.,” jelasnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :