Topik Terhangat

Komisi Yudisial Minta Hakim Jauhi Praktik Mafia Peradilan

Komisi Yudisial Minta Hakim Jauhi Praktik Mafia Peradilan

Meulaboh | Diliputnews – Komisi Yudisial (KY) meminta para hakim untuk tidak melakukan Judicial Corruption (praktek mafia peradilan) karena hal itu akan menghambat terwujudnya peradilan yang bersih, khususnya dibumi Teuku Umar.

Kabid Sosialisasi Komisi Yudisial (KY), Riski mengatakan masyarakat bisa meminta bantuan LBH Pos Meulaboh guna menampung pengaduan terhadap putusan–putusan hakim yang tidak sesuai dengan ketentuan proses jalannya persidangan.

“Ada pertemuan hakim-hakim yang nakal di Aceh, dan saat  ini kami sedang melakukan proses pemeriksaan di kabupten Aceh Barat. Kami mengharapkan kepada masyarakat untuk saling kerja sama supaya bisa terwujud peradilan yang bersih dibumi Teuku Umar ini,”  Kata Riski

Di tempat terpisah Kodinator LBH Pos Meulaboh Rahmat Hidayat, mengatakan, kehadiran Komisi Yudisial (KY) di Meulaboh diharapkan mampu untuk mewujudkannya peradilan yang bersih, serta meningkatkan kesadaran hakim untuk mengimplemetasikan butir – butir kode etik hakim.

“Hakim adalah muara dari proses peradilan, dan keadilan terletak di pundak para hakim,” Kata Rahmat

Rahmat juga menambahkan pratek mafia peradilan masih sangat subur dan kerap menghiasi proses peradilan. Oleh karena itu dibutuhkan pengawasan hakim secara intensif oleh semua pihak terutama oleh Mahkamah Agung (MA) sebagai internal yang mengawasi kenerja hakim.

“Tidak jarang putusan sebuah perkara ditentukan dari hasil negosiasi antara hakim dengan pihak yang berpekara,” Ujar Rahmat


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :