Topik Terhangat

Pemkab Aceh Barat Tingkatkan Populasi Ternak Sapi Bali

Pemkab Aceh Barat Tingkatkan Populasi Ternak Sapi Bali

Meulaboh | Diliputnews – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, terus fokus mengupayakan peningkatkan populasi ternak sapi Bali sebagai upaya pencapaian program swasembada daging 2014.

Populasi hewan ternak besar (sapi dan kerbau) di Kabupaten Aceh Barat saat ini sudah mencapai 25.000 ekor dengan jumlah konsumsi per kapita 20 gram per hari kepada 175 ribu lebih penduduk di 12 kecamatan.

Kepala Bidang Perternakan pada Dinas Pertanian dan Perternakan Erwin mengatakan program swasembada daging tahun 2005 sampai tahun 2010 wilayah ini masih gagal pencapaiannya, sehingga pada program berlanjut tahun 2010 sampai 2012 pemerintah daerah mendapat kesempatan kembali melakukan budidaya ternak besar.

“Saat ini, untuk program swasembada daging, kita sudah mampu mencapainya, karena diperhitungkan dari jumlah populasi ternak lebih besar, setelah dikomsumsi,” kata Erwin.

Erwin menjelaskan, dari 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu dari 14 kabupaten/Kota mendapatkan bantuan program tersebut dengan total anggaran Rp41 miliar.

“Tahun ini, kita mendapatkan kembali bantuan dari pemerintah melalui dana APBN sebesar Rp1,8 miliar berupa bantuan bibit ternak diberikan kepada kelompok tani,” imbuhnya.

Ada 416 kelompok tani yang bergerak membudidayakan hewan ternak di Aceh Barat dan masing-masing kelompok akan mendapatkan bantuan sesuai permintaan dan penyeleksian oleh pelaksana teknik di lapangan, Kata Erwin.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :