Topik Terhangat

Menyambut Ramadhan, Di Meulaboh Mainkan Meriam Bambu

Menyambut Ramadhan, Di Meulaboh Mainkan Meriam Bambu

Meulaboh | Diliputnews – Menyambut bulan suci Ramadhan, anak-anak di Kota Meulaboh, Aceh Barat mulai memainkan “mariam tring” atau meriam bambu untuk menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan 1433 Hijriah.

Meriam yang terbuat dari bambu tersebut merupakan khas permainan daerah Aceh yang dimainkan oleh anak- anak untuk menyambut bulan puasa.

Rima (14) warga Desa Rundeng Kecamatan Johan Pahlawan, mengatakan pembuatan meriam bambu tersebut sangat mudah, hanya menggunakan bambu, minyak tanah, dan satu batang lilin untuk menjadi alat pemancing suara letusan.

“Kami latihan-latihan dulu membunyikan `meriam tring` ini sebelum masuk bulan puasa,” kata Rima (14), Sabtu (6/7) kepada Diliputnews.com.

Ia bersama teman-temannya merancang sepotong bambu untuk dijadikan meriam untuk kemudian dimainkan pada malam hari.

Tak hanya itu, Rima juga mengatakan  Untuk memainkan meriam bambu sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus, namun disarankan agar berhati-hati karena bisa membahayakan.

Jika tidak cermat dan waspada ketika menyulut, percikan api yang ditimbulkan bisa mengenai wajah. Oleh karena itu, bagi anak-anak yang belum cukup umur disarankan untuk tidak menyulut meriam bambu ini. Namun demikian, untuk para remaja dan kaum lelaki dewasa juga diharapkan tetap berhati-hati ketika menyulut meriam bambu.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :