Topik Terhangat

Kisruh Objek Wisata Pasie Lembang Aceh Selatan

Kisruh Objek Wisata Pasie Lembang Aceh Selatan

Tapaktuan | Diliputnews – Keberadaan objek wisata Genting Buya Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan ditolak oleh warga setempat. Hal itu terjadi kurangnya pemahaman dan sosialisasi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Aceh Selatan kepada masyarakat.

karena adanya penolakan dari masyarakat akhirnya program objek wisata menjadi gagal dan mengakibatkan sejumlah pondok wisata yang dibangun tidak bisa digunakan (red; sia-sia),” ujar Ketua Forum Mawar, Drs.Joni Ardy.

Forum Mawar yang berkiprah pada upaya pemberdayaan ekonomi sosial kemasyarakatan melihat kasus objek wisata Pasie Lembang sebagai contoh paling baik tentang tidak profesionalnya penanganan program kepariwisataan di daerah itu. Kasus ini juga mencerminkan Dinas Pariwisata berjalan sendiri-sendiri dalam menggulirkan sebuah program.

Pasie Lembang letaknya cukup strategis di pinggiran jalan nasional lintas Tapaktuan-Medan sehingga mudah terjangkau. Potensi alamnya juga cukup bagus dengan danau kecil di pinggiran laut dikepung hutan cemara serta padang rumput hijau. Masyarakat sebelumnya sudah berpartisipasi membangun pondok-pondok jualan di sekitar itu.

Sebelumnya dimedia sering diberitakan terkait kisruhny objek wisata Pasie Lembang karena masyarakat menolaknya, padahal program tersebut sudah menelan biaya sekitar Rp. 800 juta, namun Dinas Pariwisata tidak memperhatikan sikap masyarakat tersebut dan tetap memaksakan pembangunan objek wisata tersebut. Belakangan dihebohkan dengan terbakarnya sarana becak air berbentuk bebek raksasa terbakar, namun tidak diketahui sengaja dibakar atau memang terbakar.

Drs.Syarifuddin selaku Kepala Disbudparpora Aceh Selatan membenarkan jika bebek mainan yang ada di objek wisata Pasie Lembang musnah terbakar sebulan yang lalu, padahal keberadaan sarana tersebut sejak 2010 lalu belum pernah dioperasikan dan diresmikan, ujarnya ketika di konfirmasi Dliputnews via selular.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :