Topik Terhangat

Expo Dan Kontes Ternak di Nagan Raya, Sapi dan Kerbau Mulai Diseleksi

Expo Dan Kontes Ternak di Nagan Raya, Sapi dan Kerbau Mulai Diseleksi

Nagan Raya | DIliputnews – Panitia Pelaksana Expso dan Kontes ternak Aceh, mulai Jum’at 13 juli hingga sabtu 14 juli 2012 mulai melakukan seleksi dan penilaian sejumlah ternak sapi serta kerbau yang didatangkan dari 23 Kabupaten / Kota yang diikutkan dalam kontes ternak tersebut.

Kontes expo dan ternak sapi se- Aceh tersebut, yang dibuka langsung oleh salah satu staf Kementrian Pertanian serta dihadiri oleh staf ahli Gubernur Aceh.

Panitia menilai sejumlah sisi dari hewan kontes, hak yang dinilai diantaranya, berdasarkan umur, kebersihan performans, bentuk, ukuran, tinggi dan  lain – lain.

Muhammad Zahet, Panitia kabupaten yang dijumpai diacara tersebut mengatakan sejumlah, sejumlah sapi dan kerbau yang dilakukan penilaian juga dibedakan berdasarkan umur, untuk sapi dari hasil Inseminasi Buatan (IB) atau pengambangan mulai dari umur 6 sampai dengan 24 bulan, sedangkan untuk sapi dan kerbau tradisional mulai dari umur 12 sampai dengan 24 bulan

“Untuk sapi IB mulai daru umur enam sampai dengan dua puluh empat bulan, sedangkan sapi dan kerbau tradisional berumuar dua belas sampai dengan dua puluh empat bulan” Kata Muhammad Zahed

Sedangkan hasil penilaian juga dibedakan berdasarkan jenis kelamin, untuk jenis kelamin betina dan jantan masing – masing ada kategorinya, hal tersebut dikatakannya ada beberapa teknis yang dinilai berbeda diantaranya bentuk pinggang atau pinggulnya, jika betina da penilaian khusus.

“untuk betina dan jantan masing – masing akan dibedakan, karena ada penilain khusus diantaranya bentuk bentuk pinggang atau pinggulnya” kata Muhammad Zahed.

Semua pemenang kontes akan diumumkan pada hari minggu 15 juli 2012, besok, untuk pemenang akan diberikan penghargaan “masing – masing memenang akan diberikan  penghargaan,” Kata Zahed.

Kabupaten Simeulue Tidak Ikutkankan

Seumelu salah satu kabupaten yang tidak ikutkan ternak dan berbagai hasil produksinya dalam acara Expo dan Kontes ternak di Nagan Raya.

Dari 22 Kabupeten / Kota Se- Aceh, mengikutkan beberapa hewan ternak serta hasil produksinya dalam kegiatan tersebut sedangkan dari Seumelu hanya mengirimkan perwakilannya dan tidak menampilkan berbagai kegiatan yang diperlombakan.

“sampai hari ini belum ada dari seumelu, tapi perwakilan sudah datang” kata Muhammad Zahed Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya Selaku Panitia Lokal.

Sebelumnya dijadwalkan seluruh kabupaten / Kota akan diikutkan dalam kegiatan tersebut, “kemunhkinan meraka tidak menghadirkan beberapa yang diperlombakan karena kondisi transportasi” kata Muhammad Zahed.

Sedangkan salah satu dari perwakilan Seumelu yang berhasil dikomfirmasi Diliputnews.com mengatakan Pihaknya kedulitan menghadirkan sejumlah hewan ternak karena transportasi yang jauh dan kondisi melewati penyebrangan “kami jauh kondisi transportasi juga begitu” kata salah satu staf yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain itu dikatakanya anggaran untuk mengikutkan berbagai ternak serta kegiatan lain dalam expo tersebut juga terbatas sehingga pihaknya tidak bisa menghadirkan berbagai yang diperlombakan “kami juga terbatas anggaran, makanya tidak bisa menghadirkan hewan ternak kami” kata seorang perwakilan yang ikut dalam kegiatan terasbut.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :