Topik Terhangat

Nokia Minta Android Berhenti Melanggar Paten

Nokia Minta Android Berhenti Melanggar Paten


Google belum lama ini menuduh Microsoft dan Nokia sekongkol untuk coba menaikkan harga ponsel Android dengan mengeksploitasi paten. Nokia membantah tudingan tersebut dan balik menuding bahwa Android memang pada dasarnya bermasalah dengan pelanggaran paten.

Microsoft menilai tudingan Google tersebut sebagai ‘taktik putus asa’. Sedangkan Nokia menyatakan tuduhan Google salah alamat. Nokia membantah berkolusi dengan Microsoft untuk merugikan Android.

“Kedua perusahaan (Microsoft & Nokia-red) punya properti intelektual sendiri-sendiri,” kata juru bicara Nokia yang dikutip detikINET dari Guardian, Rabu (6/6/2012). Ia malah balik menuduh Android bermasalah soal paten.

“Kami setuju dengan Google bahwa perangkat Android punya isu pelanggaran properti intelektual dan kami menyambut baik upaya konstruktif untuk menghentikan penggunaan tidak berizin properti intelektual milik Nokia,” tambah Nokia.

Nokia sendiri telah menggugat ViewSonic, salah satu pembuat perangkat Android. Nokia menuding ada tablet ViewSonic yang memakai patennya tanpa permisi.

Sedangkan Microsoft sudah lama menyepakati lisensi dengan beberapa produsen Android seperti HTC dan Acer yang menggunakan paten teknologinya. Sehingga Microsoft mendapat jatah sejumlah uang dari tiap ponsel Android yang terjual.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :