Topik Terhangat

Menjelang Ramadhan Objek Wisata Aceh Selatan Ramai di Kunjungi

Tapaktuan | Diliputnews – Menjelang bulan suci Ramadhan1433 Hijriah sejumlah objek wisata alam di sekitar Tapaktuan ramai dikunjungi warga yang ingin berlibur. Seperti kebiasaan, ini merupakan liburan terakhir sebelum memasuki bulan suci, bulan yang merupakan momentum mulia pelaksanaan ibadah suci yang tidak mungkin diisi dengan berpiknik ria.

Menurut pantauan, sejumlah objek wisata alam membludak oleh pengunjung yang datang dari berbagai pelosok daerah. Mereka datang berombongan dalam kelompok besar maupun kelompok-kelompok keluarga serta lapisan remaja yang membuat padat lokasi-lokasi wisata alam, seperti Pantai Air Dingin Kecamatan Samadua yang dikenal dengan pantai pasir putih dan air terjun.

Selain itu, dua lokasi wisata alam yang tak kalah menarik, yaitu pemandian alam Desa Panju Pian dan pemandian alam Bukit Aroya Desa Lhok Benkuang. Keduanya merupakan objek wisata alam di Kecamatan Kota Tapaktuan selain Lubuk Simerah di Desa Jambu Apha dan air terjun bertingkat tujuh di Desa Batu Itam.

Kebiasaan Baru

Menurut keterangan, libur hari Minggu terakhir menjelang bulan suci merupakan kebiasaan yang baru berkembang dalam beberapa tahun terakhir di Tapaktuan dan sekitarnya, di mana kebiasaan ini sudah berkembang lama di tempat-tempat lain seperti Banda Aceh dan daerah lainnya di Aceh. Di Aceh Selatan, kebiasaan piknik terakhir berlangsung sehari menjelang puasa yang disebut hari makan-makan.

Meskipun demikian, kemunculan libur hari Minggu terakhir agaknya tidak membawa pengaruh terhadap budaya hari makan-makan.

Pada hari makan-makan, warga tetap saja menikmatinya dengan memanfaatkan objek-objek wisata alam sebagai objek kunjungan libur. Hari makan-makan bahkan jauh lebih ramai ketimbang libur pada hari Minggu terakhir.

Tak hanya di sungai-sungai, tapi di sepanjang pantai sejak dari Tapaktuan hingga sungai Krueng Baru di batas Kabupaten Aceh Barat Daya hingga di pantai sejak Pasie Raja, Kluet Selatan, Bakongan dan Trumon di perbatasan Kota Subulussalam.

Tahun ini, hari makan-makan diperkirakan tetap saja berlangsung ramai, dan seperti kebiasaan jajaran Polres Aceh Selatan menempatkan pos-pos Satuan Lalulintas dalam upaya menjaga ketertiban.

Tidak jarang terjadi kemacetan di objek-objek tertentu yang bersentuhan langsung dengan ruas jalan nasional, seperti pantai Air Dingin di lintas Tapaktuan-Banda Aceh sekitar 16 km dari Tapaktuan.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :