Topik Terhangat

Ada Lemang Di Hari Meugang

Ada Lemang Di Hari Meugang


Diliputnews.com – Jelang Puasa masyarakat Aceh punya tradisi unik yang disebut “Meugang” sejak 2 hari hingga 1 hari jelang Puasa, melakukan pemotongan sapi dan memasak lemang, Masyarakat Aceh jika hari Meugang belum lengkap rasanya apabila belum memasak lemang, sebagai tradisi turun-temurun untuk memuliakan bulan puasa.

Membuat lemang dikenal susah-susah gampang. Karena pengisian bahan-bahan dalam tabung bambu menggunakan perkiraan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan.

Penganan yang dikenal untuk menjamu tamu dan menyambut bulan Ramadhan dan Maulid Nabi ini, memiliki rasa yang gurih dan nikmat dengan kekenyalan dari beras ketan. Bentuknya pun menyerupai lontong dengan balutan daun pisang yang tentunya menambah aroma sedap dan wangi dari daun.

Lemang sangat serasi dan cocok di konsumsi dengan Tape, seperti yang dikatakan ibu Ramidah warga Desa Parom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, “saya kalau memasak Lemang, pasti saya masakin juga Tape ”, karena Lemang sangat enak di makan dengan Tape, Cuma Tape harus dikemas tiga hari sebelum di masak lemang, sebab tape biasanya tiga hari matangnya. tutur Ibu Ramidah,

Kata Samidah, tiap hari megang selalu memasak lemang dan tape, “Anak saya sangat suka menkonsumsi lemang, dan kalaupun ada tamu yang datang ke rumah di hari meugang cuma dua jenis Makanan itu yang saya hidangkan. Katanya, sambil tertawa.

Lemang memang paling nikmat bila disajikan dengan tape,  untuk itulah biasanya setiap hari megang di Aceh selain memasak Lemang, juga membuat tape. Tape ini ada beberapa jenis diantaranya tape ketan putih, tape ketan merah dan tape ketan hitam. Masing-masing tape memiliki rasa yang berbada. Perpaduan rasa legit dari Lemang dan manisnya dari tape menjadikan makanan ini terasa nikmat penuh sensasi.

Anda tertarik untuk sekedar menikmati lemang  lemang dan tape, tentu mesti disaat-saat jelang puasa dan lebaran seperti saat ini. Hampir disetiap rumah di Nagan Raya, ada lemang dan tape. Berminat? Yuk, ke Nagan Raya atau anda boleh mencobanya seindiri di rumah. Rasakan nikmatnya lemang plus tape ala Nagan Raya. Mmm.. yummi.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :