Topik Terhangat

Ribuan Pelajar Aceh Barat Pawai Jalan Kaki Sambut Ramadhan

Pelajar Aceh Barat Pawai Jalan Kaki Sambut Ramadhan

Meulaboh | Diliputnews – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, mengelar pawai keliling berjalan kaki menyambut puasa Ramadhan 1433 Hijiriah dengan melibatkan 2.000 lebih peserta.

“Jumlah peserta yang kita catat ada dua ribu orang, namun pemerintah daerah mengundang semua lapisan masyarakat mungkin jumlahnya bisa mencapai lebih dari itu,”kata ketua panitia Drs Zainuddin di Meulaboh Selasa.

Zainuddin yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Barat ini menyebutkan, bahwa peserta yang dilibatkan terdiri dari unsur murid sekolah dasar (SD) siswa SMP, SMA sederajat serta seluruh pegawai SKPD dan masyarakat sipil.

Katanya kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dilaksanakan pemerintah daerah dalam memeriahkan menyambut kedatangan bulan suci Ramdhan sehingga dapat menjadi amal kebijakan.

Peserta yang ikut terpantau begitu unik dengan berbagai busana muslim dan muslimah yang dikenakan berjalan sepanjang lima kilometer mengelilingi pusat kota Meulaboh dimulai dari masjid Baitul Makmur kemudian finisnya juga ditempat tersebut.

“Rutenya mulai dari masjid Agung kemudian masuk jalan Manek Roe dan menelusuri jalan nasional dan kemudian finisnya kembali ke komplek masjid akan dikawal oleh polisi,”imbuhnya disela kegiatan.

Zainuddin juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat dalam menentukan hari masuknya awal Ramadhan 1433 Hijiriah tidak berbeda-beda dan diajak mengikuti sebagaimana sudah ditetapkan pemerintah.

Imsakiah (jadwal puasa) saat ini sudah dikeluarkan oleh kementrian agama dan pemkab Aceh Barat juga sudah menambur dan membagikannya sehingga menjadi pedoman masyarakat saat berbuka menjelang azab magrib selama Ramadhan.

Ia juga mengharapkan dalam menyambut bulan puasa ini masyarakat diajak agar senantiasa menghiasi siang dan malanya dengan berbagai kegiatan ibadah seperti membaca alquran, zikir, sadaqah dan sebagainya.

“Bulan puasa ini hanya sebulan dalam setahun, karena itu marilah sama-sama kita mamfaatkan untuk berubudiah kepada Allah SWT agar semua kita dapat menjadi orang yang bertaqwa,”pungkasnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :