Topik Terhangat

Hari Pertama Tugas, Bupati Singkil Di Demo

Hari Pertama Tugas, Bupati Singkil Di Demo

Aceh Singkil | Diliputnews – Hari pertama Safriadi dan Dulmusrid melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Singkil, Rabu (18/7), langsung didemo belasan mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Syekh Abdurrauf As Singkil (Gamsara).

Kedatangan massa Gamsara ini sebelumnya tidak terpantau karena jumlahnya yang sedikit. Namun dengan orasi-orasi yang disampaikan dikomandoi Jirin Ch yang juga Ketua Himapas, baru diketahui ada mahasiswa demo dengan pengawalan aparat kepolisian.

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan secara tertulis kepada wartawan ditegaskan ada tiga poin utama tuntutan Gamsara yaitu mengusut tuntas kasus temuan BPK RI tahun 2011 tentang DPPID 2011 senilai Rp 4,7 miliar.

Kemudian, pengusutan tuntas terkait munculnya honorer siluman dan tentang pencairan beasiswa 2012 yang diduga terjadi penyelewengan mengakibatkan lambannya pencairan bagi mahasiswa Aceh Singkil. Beasiswa itu merupakan program dari Bupati Makmursyah Putra (Almarhum) sejak tahun 2009 lalu.

Sempat terjadi dialog alot karena memaksa bupati turun menemui mereka untuk berdialog. Namun Asisten Bidang Pemerintahan, Drs Azmi melakukan pendekatan agar mahasiswa mewakilkan kepada lima rekan mereka melakukan pertemuan dengan bupati. Wakapolres Aceh Singkil Kompol Asep Iskandar memimpin pengamanan.

Dalam pertemuan dengan bupati dan wakil bupati yang didampingi Ketua DPRK Aceh Singkil, Putra Arianto, Sekdakab Drs HM.Yakub KS, MM, Kepala Dinas Pendikan Sanusi, M.Ag disampaikan kepada mahasiswa bahwa dana bea siswa jumlahnya Rp190 juta untuk 100 orang mahasiswa dialokasi dana pada Dinas Pendidikan belum direalisasikan karena masalah teknis tentang akurasi data penerima. Beasiswa ini jumlah dana dan penerimanya akan selalu ditambah.

Sedangkan terkait tenaga honorer siluman telah dilakukan verifikasi dan akan dilakukan pencoretan tujuh orang terkait honorer fiktif. Terkait dengan temuan BPK diDinas PU dijelaskan akan diselesaikan.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :