Topik Terhangat

Menyambut Ramadhan, WH Aceh Barat Tingkatkan Patroli dan Razia

Menyambut Ramadhan, WH Aceh Barat Tingkatkan Patroli dan Razia

Meulaboh | Diliputnews –Wilayatul Hisbah (WH) Aceh Barat meningkatkan razia dan patroli, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Hal tersebut disampaikan ke Diliputnews.com, Kamis (19/7) oleh T.Abdul Razak, selaku kasi Ops.

Hari ini anggota WH melakukan pemantaun di wilayah pantai, karena dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh muda-mudi seiring dengan banyaknya masyarakat berwisata di daerah pantai maupun lokasi wisata lainnya. Kebiasaan wisata ini merupakan sudah kebiasaan warga Aceh Barat dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan dan biasanya dilakukan satu sampai dua hari sebelumnya.

Rencana dari WH juga aka nada peningkatan razia di tempat-tempat fasilitas umum seperti hotel, penginapan dan café-café yang berdekatan dengan pantai. Patroli WH juga akan rutin dilakukan terutama melakukan pemantaun di warung-warung nasi yang dicurigai menjual nasi bagi orang-orang yang tidak puasa. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya pelanggaran dan mengganggu aktivitas umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa.

Abdul Razak menjelaskan jika saat bulan Ramadhan nantinya ditemukan adanya warung- warung yang buka siang hari maka akan dikenakan sanksi pidana dengan ancaman kurungan 1 tahun dan denda 3 juta atau ancaman cambuk sebanyak 16 kali, sedangkan bagi pembeli dikenakan sanksi pidana tiga bulan penjara atau cambuk tiga kali. Hal tersebut sesuai dengan Qanun nomor 11 tahun 2011 tentang Aqidah, Ibadah dan syariat Islam.

Begitu juga dengan pemerintah Aceh Barat menhimbau melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) kepada semua warga pengusaha pertokoan, warung kopi dan café untuk tidak menjalankan aktivitas berdagang di saat sedang menjalankan ibadah tarawih, dengan waktu yang sudah di tentukan yaitu mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :