Topik Terhangat

Di Tapaktuan Hari Terakhir Libur Menjelang Ramadhan Relatif Sepi

Objek Wisata Aceh Selatan


Tapaktuan | DIliputnews – Hari libur terakhir sehari menjelang bulan suci Ramadan 1433 H Jumat (20/7) di Aceh Selatan relatif sepi. Objek-objek wisata alam yang biasanya dipadati pengunjung terlihat sepi sejak pagi. Baik di sungai-sungai maupun objek wisata pantai.

Menurut keterangan, sepinya pengunjung diakibatkan hari libur terakhir yang sudah mentradisi yang disebut hari makan-makan (bahasa Aceh-uro pajoh-pajoh) pada Ramadan tahun ini jatuh pada hari Jumat. Selain itu, tidak sedikit pula masyarakat yang sudah memulai menjalankan ibadah puasa sejak Jumat (20/7). Jumat di dalam kebiasaan masyarakat Aceh merupakan hari yang dianggap tabu melaksanakan berbagai kegiatan. Aktivitas di berbagai aspek praktis dihentikan, seperti nelayan tidak akan melaut pada hari Jumat, begitu juga petani.

Dan Jumat juga merupakan hari yang tabu diisi dengan berfiknik di samping sejak pagi warga lebih mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah Jumat di masjid-masjid. “Makanya, warga yang melaksanakan puasa hari Sabtu, agak enggan melaksanakan tradisi hari makan-makan pada pagi hari,” kata beberapa warga.

Menurut pantauan, tidak seperti kebiasaan pada hari makan-makan yang jatuh di luar hari Jumat di mana warga telah berduyun-duyun menuju objek wisata sejak pagi, pada hari makan-makan Jumat (20/7) suasana sebaliknya sepi. Jalan-jalan lengang tidak seperti lazimnya padat arus lalulintas yang terkadang menimbulkan kemacetan.

Di objek-objek wisata favorit, seperti pantai Air Dingin di Kecamatan Samadua, Panju Pian dan Bukit Aroya di Kecamatan Tapaktuan, terlihat sepi pengunjung, dan pengunjung yang berjumlah sedikit itu hanya menikmati wisata sejak pagi hingga sebatas siang saat akan memasuki waktu pelaksanaan ibadah Jumat. Di Lubuk Simerah, objek wisata di kaki bukit pinggiran kota Tapaktuan sejak pagi hanya didatangi sekitar 10 kepala keluarga (KK) yang menikmati hari makan-makan sebatas menjelang siang.

Suasana sepi pengunjung juga terlihat di sejumlah objek wisata lainnya, seperti di Pantai Cemara Indah, Ujong Pulo Cut, Lhok Jamin (seluruhnya di wilayah Kecamatan Bakongan), serta di sepanjang pantai Pasie Raja di Kecamatan Pasie Raja hingga pantai Kuala Ba’u, Kecamatan Kluet Utara. Rata-rata pengunjung mengakhiri kegiatan tradisi makan-makan hanya sebatas menjelang siang.

Frekuensi aktivitas warga yang menikmati tradisi hari makan-makan baru mulai terlihat selepas siang usai pelaksanaan ibadah Jumat ditandai dengan berdatangannya warga ke objek-objek wisata. Namun, menurut pantauan, suasana tetap saja tidak menggebu seperti aktivitas hari makan-makan di luar Jumat. Sementara itu, pada Jumat kantor-kantor pemerintahan terlihat sepi meskipun bukan hari libur. Ini sudah merupakan kebiasaan, tidak hanya di kantor-kantor pemerintahan, tapi juga di usaha-usaha swasta hingga ke tingkat dunia perdagangan, mulai pertokoan hingga ke pedagang kaki lima meliburkan diri.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :