Topik Terhangat

Aktivitas Belajar Mengajar di Abdya Sepi

Akitivas Belajar Mengajar di Abdya Sepi


Blangpidie | Diliputnews – Sampai hari hari ketiga bulan suci Ramadan 1433 H, Senin (23/7) aktivitas belajar mengajar di sejumlah sekolah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terlihat sepi. Padahal kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Abdya, Drs Sabihismiruddin membenarkan kegiatan belajar di sekolah-sekolah di daerah tersebut dimulai Senin (23/7) setelah beberapa hari diliburkan untuk menyambut bulan suci Ramadan.

“Kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah dimulai pada Senin sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Aceh,” ujar Sabihis ketika dihubungi Analisa via handphone.

Pantauan Analisa, banyak sekolah yang masih lengang dari aktivitas belajar mengajar. Kalaupun ada siswa yang datang hanya beberapa orang dan kemudian kembali pulang.

Situasi tersebut menurut Wakil Kepala SMKN 2 Blangpidie, Sudirman, S.Pd disebabkan para siswa masih bermalas-malasan untuk datang ke sekolah, di antaranya dikarenakan sedang menjalankan ibadah puasa.

Dikatakan, sebenarnya kegiatan belajar mengajar pada bulan puasa ini merupakan hanya berbentuk pembelajaran Islami, seperti pengkajian ilmu agama yang lebih dikenal dengan pesantren kilat.

“Kalau sekolah akan tetap buka dan akan menjalankan kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya, namun dikarenakan keadaan siswa aktivitas tersebut menjadi pincang,” kata Sudirman.

Ditambahkan, kegiatan belajar mengajar pada bulan Ramadan ini dilakukan berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan yang diterima pihak sekolah pada 17 Juli 2012 lalu, yang menetapkan proses belajar mengajar harus dilaksanakan minimal selama tiga minggu.

“Melihat kehadiran siswa yang begitu tidak mendukung, masa belajar mengajar yang ditetapkan berdasarkan surat tersebut mungkin hanya akan terlaksana selama dua minggu dan selanjutnya sekolah-sekolah kembali sepi dari aktivitas belajar mengajar,” jelas Sudirman


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :