Topik Terhangat

DPRK dan KIP Gelar Rapat Konsultasi Pilkada Aceh Selatan

DPRK dan KIP Gelar Rapat Konsultasi Pilkada Aceh Selatan

Tapaktuan | Diliputnews – Langkah awal menyongsong pelaksanaan Pilkada Bupati Aceh Selatan periode 2013-2018 telah dimulai ditandai digelarnya rapat konsultasi DPRK bersama Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Kamis (26/7) di Gedung DPRK Jalan Syeikh Abdurrauf Tapaktuan.

Rapat dipimpin Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK, Diva Samudra Putra,SE sekaligus moderator dihadiri Sekdakab, Drs.H.Harmaini,MM beserta unsur Muspida, antara lain, Ketua DPRK Safiron bersama Wakil Ketua Khaidir Amin,SE, Dandim 0107 Letkol Inf Safipuddin, Kapolres AKBP Sigit Jatmiko, Danyon 115 Macan Leuser Mayor Inf Suhartono. Rapat melibatkan Ketua KIP Lian Azwin,SE bersama seluruh anggota beserta anggota DPRK.

Dalam rapat tersebut, KIP pada pokoknya mengkonsultasikan jadwal Pilkada Bupati yang telah disusun sebelumnya. Pada rapat tersebut dicapai kesepakatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan KIP, antara lain rangkaian tahapan Pilkada dimulai akhir Juli 2012 dan hari H pemilihan ditetapkan pada Januari 2013.

Tanggung jawab bersama

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko,SH,SIK mengungkapkan harapan agar pelaksanaan Pilkada Bupati Aceh Selatan berjalan lancar, tertib, aman serta tanpa intimidasi. Ini juga merupakan harapan seluruh warga Aceh Selatan dan sukses Pilkada merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen yang terlibat maupun masyarakat luas.

Dikatakan, semua pihak hendaknya mampu menerjemahkan arti diinginkannya Pilkada damai tidak dalam arti sempit sebatas aman pada hari H pemilihan. Tapi kedamaian itu hendaknya berlangsung sepanjang tahapan hingga sesudahnya.

Dalam kaitan itu, Kapolres menekankan, hingga pascapemilihan diharapkan situasi tetap kondusif. Jangan pada akhir kompetisi masih ada kegiatan-kegiatan bersifat kontraproduktif yang dilakukan oleh pihak-pihak sehingga tidak mendukung lahirnya suasana kondusif.

“Belajar dari pengalaman pilkada di sejumlah daerah, Aceh Selatan tentunya tidak menginginkan adanya gerakan-gerakan yang tidak seharusnya dilakukan, atau yang seyogianya bisa dihindari guna terciptanya keamanan dan suasana nyaman pada segala aspek kehidupan,” tegas Kapolres.

Hal senada diungkapkan Dandim 0107, Letkol Inf Saripuddin seraya menambahkan, TNI siap memback-up jajaran kepolisian dalam tugas pengamanan pilkada di Aceh Selatan. TNI juga akan berupaya mensosialisasikan menyangkut keinginan semua pihak agar pilkada berjalan dengan damai.

“Jika ini dapat dicapai, diharapkan pilkada Aceh Selatan menjadi pilkada percontohan,” kata Letkol Saripuddin.

Dandim juga mengharapkan para kontestan hendaknya berkompetisi dengan cara-cara sportif dengan bekal kesiapan dan keyakinan untuk kalah atau menang. “Para peserta nantinya harus menyiapkan diri untuk siap menerima kekalahan maupun kemengangan,” katanya seraya mengimbau media massa agar ikut mendukung keinginan jalannya pilkada damai dengan tidak mengeksploitir berita-berita yang berpotensi mencetuskan konflik.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :