Topik Terhangat

Ikan Masih Mahal, Ayam Potong Laris

Ikan Masih Mahal, Ayam Potong Laris


Tapaktuan | Diliputnews – Harga ikan di Tapaktuan masih berada pada tingkat yang dinilai mahal dibanding waktu-waktu sebelumnya. Situasi ini telah mendorong banyak konsumen yang beralih memilih ayam pedaging (ayam potong) yang harganya mulai beranjak stabil sejak sepekan terakhir, yaitu Rp35.000/ekor dengan berat mencapai sekilo lebih.

Pantauan Analisa Selasa (31/7), harga ikan jenis kakap, baik kakap merah maupun kakap putih masih berkisar antara Rp45.000/kg hingga Rp50.000/kg, naik dari harga sebelumnya Rp 30.000/kg hingga Rp 37.500/kg. Sementara ikan tongkol masih Rp30.000/ekor dengan berat sekitar sekilo dari sebelumnya Rp20.000/kg dan tuna mencapai Rp40.000/ekor dengan berat 1 kg lebih.

Keterangan yang dihimpun, kenaikan harga ikan terjadi semenjak gangguan cuaca yang tidak menentu sekitar dua bulan lalu yang mengganggu jadwal melaut para nelayan yang berekses pada kelangkaan ikan.

Memasuki pada bulan Ramadan cuaca masih tak menentu, namun intensitas gangguan terlihat menurun dan frekuensi melaut ralatif meningkat. Ini ditandai juga dengan mulai meningkatnya stok ikan di pasaran. “Harga ikan masih relatif mahal,” kata sejumlah konsumen di Tapaktuan.

Berangsur Normal

Sebaliknya, harga ayam pedaging yang pada menjelang puasa sempat meningkat mencapai Rp 50.000/ekor, semenjak sepekan terakhir berangsur normal yang berkisar antara Rp 35.000/ekor hingga Rp 40.000/ekor menurut bobotnya yang rata-rata melebihi satu kilogram.

Sepanjang harga ikan masih tetap mahal sementara harga ayam pedaging mulai normal, terlihat banyak konsumen yang beralih memenuhi kebutuhan lauk pada ayam potong. “Dengan hanya Rp35.000 kita bisa memperoleh ayam yang beratnya satu kilogram lebih,” kata beberapa ibu rumah tangga yang berbelanja di Pusat Pasar Tapaktuan.

Dedek, seorang pedagang ayam potong yang ditanyai Selasa mengaku dagangannya terjual hampir 100 ekor setiap hari. Dalam kondisi harga ikan mahal, menurut Dedek omset penjualan ayam potong bisa melebihi 100 ekor/hari, namun diperkirakan karena pengaruh belum tibanya musim gajian PNS menyebabkan prediksi omset belum tercapai. “Hari ini lebih 50 ekor ayam sudah terjual habis sebelum menjelang siang,” kata Dedek.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :