Topik Terhangat

Tiga Hal Yang Banyak Dikhawatirkan Saat Puasa

3 Hal Yang Banyak Dikhawatirkan Saat Puasa


Puasa adalah menahan nafsu makan, minum, syahwat dan emosi mulai dari subuh hingga tergelincirnya matahari. Selama 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi. Sehingga dianjurkan saat sahur dan berbuka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat kompleks. Namun, meski demikian, ada tiga kondisi tubuh yang dikhawatirkan banyak orang saat puasa loh, Ladies. Apa saja itu?

1. Diabetes

Slogan yang seolah mengungkapkan bahwa makanan yang manis saat puasa adalah perlu dan wajib agaknya berhasil bergaung demikian hebat. Sehingga, saat waktu berbuka tiba banyak sekali jajanan-jajanan manis yang diperjual-belikan. Bagi orang pengidap diabetes, mengkonsumsi makanan dan minuman manis sangat perlu diatur mengingat jika gula darah tidak stabil, kemungkinan penyakit yang diderita akan semakin parah.

2. Kolesterol

Pola makan saat puasa hanya terdiri dari sahur dan berbuka. Pola seperti ini ternyata membuat penderita kolesterol mengkonsumsi makanan secara tidak teratur. Untuk mengantisipasi pola makan yang tidak teratur tersebut, ada baiknya penderita kolesterol banyak mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka.

3. Maag

Umum diberitakan bahwa maag dapat terjadi saat sedang berpuasa. Padahal, jika ditilik lebih lanjut, puasa sebenarnya membantu penderita maag untuk mengkonsumsi makanan agar lebih teratur. Namun, jika maag yang diderita telah masuk kategori kronik, ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih dahulu pada dokter agar tahu apakah kondisi memungkinkan berpuasa atau tidak.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :