Topik Terhangat

7 Gangguan Kesehatan yang Bisa Terjadi Pada Si Kurus

7 Gangguan Kesehatan yang Bisa Terjadi Pada Si Kurus


Bagi Anda yang bertubuh kurus atau sedang diet ketat agar menjadi sangat langsing, sebaiknya hati-hati. Kurus bukan berarti sehat, berikut adalah beberapa gangguan kesehatan dari Health Me Up yang mungkin terjadi pada Anda yang bertubuh terlalu kurus.

1. Masalah Jantung
Beberapa penelitian menyebutkan tingkat metabolisme yang tinggi pada mereka yang bertubuh kurus, akan mempengaruhi pola hidup mereka kearah yang lebih sehat. Namun ternyata metabolisme tinggi itu justru membuat lemak berkumpul di tempat yang salah seperti hati, jantung atau bagian dalam tubuh lainnya.

2. Diabetes
Tak hanya orang gemuk yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes, Anda yang memiliki tubuh kurus pun harus berhati-hati. Kadar insulin yang tinggi dalam tubuh dan gaya hidup tak sehat akan membuat tingkat gula dalam darah ikut meningkat.

3. Sistem Imun yang Lemah
Mereka yang memiliki tubuh kurus lebih rentan terserang pilek dan flu. Sedikit perubahan cuaca bisa memicu tubuh Anda dari virus-virus ini.

4. Kekurangan Zat Besi atau Anemia
Umumnya, orang yang terlalu kurus lebih rentan terhadap anemia atau kekurangan zat besi. Gejala umum yang mungkin terjadi adalah warna kulit yang pucat, pusing, sering mengantuk, sering kelelahan, kehilangan nafsu makan dan jantung berdebar adalah sebagian tandanya.

5. Mempengaruhi Kesuburan Anda
Berawal dari anemia, kurangnya zat besi dalam sel darah Anda dapat menyebabkan kemandulan, baik bagi pria maupun wanita. Pada wanita, hal ini akan mempengaruhi siklus menstruasi sampai keguguran.

6. Kepadatan Tulang Rendah
Terlalu kurus juga bisa membuat kepadatan tulang lebih rendah dan berisiko terkena osteoporosis. Ditambah lagi jika lemak tubuh Anda terbilang rendah, dan tidak menghasilkan estrogen yang cukup untuk memperkuat tulang.

7. Indeks Massa Tubuh Rendah
Penting untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (BMI) antara 18,5 hingga 24,9. Cara menghitungnya adalah membagi berat badan (dalam kg) dengan tinggi badan (dalam meter) yang dikuadratkan. Jika tingkat BMI di bawah kisaran ini, maka Anda berada dalam zona tidak sehat.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :