Topik Terhangat

Puluhan Rumah Warga Lhok Keutapang Amblas di Terjang Abrasi Laut

Puluhan Rumah Warga Lhok Keutapang Amblas di Terjang Abrasi Laut

Tapaktuan | Diliputnews – Puluhan dapur rumah warga yang bermukim di sepanjang pantai Desa Lhok Keutapang Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan dilaporkan hancur akibat di terjang abrasi air laut sejak hampir lima tahun lalu.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, Selasa (4/9) selain telah menghancurkan puluhan dapur perumahan penduduk, imbas abrasi air laut itu juga mengancam bakal hilangnya atau amblasnya lokasi perkuburan umum di Desa setempat akibat terus menerus di gerus air laut.

Kondisi itu sangat meresahkan warga setempat. Pasalnya, imbas dari abrasi air laut tersebut semakin mengancam tempat tinggal warga dan  tanah lokasi perkuburan Desa setempat.

Menurut keterangan, kondisi itu sudah berlangsung selama 5 tahun lalu, tapi hingga kini belum mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah.

Salah seorang tokoh muda Desa Lhok Keutapang, Palti Siregar SE yang di tanyai Diliputnews.com di lokasi mengatakan sekitar 700 meter lebih bibir pantai di Desa setempat telah hancur akibat di gerus abrasi air laut.

“Titik terparah berada di dua lokasi, pertama di lorong satu dan kedua di lorong tiga Desa Lhok Keutapang.  Imbas dari abrasi laut sudah menghancurkan puluhan  dapur perumahan penduduk di sini,” sebut Palti.

Menurutnya, masyarakat setempat sangat mengharapkan kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Selatan agar segera menyalurkan proyek tanggap darurat untuk menanggulangi semakin parahnya abrasi laut tersebut.

“Masyarakat mengharapkan kepada Pemerintah agar segera membangun tanggul pemecah ombak (Break Water-red) di sepanjang bibir pantai Desa Lhok Keutapang ini sepanjang 700 meter,” pungkasnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :