Topik Terhangat

Polda Aceh Tetapkan Kadis Perhubungan Aceh Selatan Sebagai Tersangka

Minggu, 09 September 2012. Pkl. 00:10 WIB

Dibaca :1,155 views

Oleh : Hendrik | Aceh Selatan

Tapaktuan | Diliputnews – Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menetapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Aceh Selatan Drs Tio Achriyat sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana penipuan proyek renovasi pengembangan bandara T Cut Ali tahun 2011.

Penetapan tersangka tersebut sebagaimana yang tertuang dalam surat penggilan nomor : SP.Gil/588/IX/2012/Dit Reskrimum tanggal 5 September 2012 lalu yang di tandatangani langsung oleh Direktur Reskrimum Polda Aceh Kombes Pol Drs Ade Rahmat Suhendi.

Dalam surat panggilan itu di sebutkan bahwa, pada hari Senin 10 September 2012 Drs Tio Achriyat Bin Zainun Hasan di minta untuk menemui AKP Syamsuar di ruangan Subdit II/Harda Bangtah Dit Reskrimum Polda Aceh, Jln T Nyak Arief Jeulingke Kota Banda Aceh untuk di dengar keterangannya sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana penipuan sebagaimana di maksud dalam pasal 378 Jo. Pasal 55 KUH Pidana yang terjadi pada tanggal 23 April
2011 di Tapaktuan.

Sebelumnya, Dit Reskrimum Polda Aceh dalam suratnya nomor : B/246/IX/2012/Dit Reskrimum perihal bantuan pemanggilan saksi tanggal 5 September 2012 juga sudah melayangkan surat kepada Bupati Aceh Selatan yang isinya, sehubungan dengan laporan polisi nomor : LP/167/VII/2012/SPKT, tanggal 5 juli 2012 tentang perkara tindak pidana penipuan atas nama pelapor Edi Susanto serta surat perintah penyidikan nomor : SP.Sidik/100.a/VII/2012/Dit Reskrimum tanggal 10 Juli 2012.

Maka sehubungan dengan hal tersebut Dit Reskrimum Polda Aceh menyampaikan kepada Bupati Aceh Selatan bahwa sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara dugaan tindak pidana penipuan proyek renovasi pengembangan bandara T Cut Ali.

Untuk kelancaran proses penyelidikan dan penyidikan di mohon bantuan Bupati untuk dapat menyampaikan surat panggilan atau dapat menghadirkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Aceh Selatan Drs Tio Achriyat menemui AKP Syamsuar untuk di dengar keterangannya selaku tersangka.

Untuk diketahui bahwa, surat panggilan dalam status sebagai tesangka tersebut merupakan panggilan kedua, setelah sebelumnya dalam panggilan pertama Nomor : P.Gil/495/VII/2012/Dit Reskrimum serta surat bantuan pemanggilan saksi Nomor : B/312/VII/2012/Dit Reskrimum tanggal 24 Juli 2012 yang di tandatangani oleh Wadir Dit Reskrimum Polda Aceh AKBP Drs Subakti yang di layangkan kepada Bupati Aceh Selatan yang isinya bahwa, untuk kelancaran proses penyelidikan dan penyidikan di mohon bantuan Bupati untuk dapat menyampaikan surat panggilan atau dapat menghadirkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Selatan Tanius MN SE MM dan Kadis Perhubungan dan Kominfo Drs Tio Achriyat untuk menemui AKP Syamsuar untuk di dengarkan keterangan keduanya selaku saksi pada hari Senin 30 Juli 2012 di ruangan Subdit II/Harda Bangtah Dit Reskrimum Polda Aceh.

Membenarkan

Sementara itu, Kadis Perhubungan dan Kominfo Aceh Selatan, Drs Tio Achriyat yang di temui Diliputnews.com di kediamannya Jalan Habib Mustafa Mata Ie Kampung Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan, Sabtu (8/9) sekitar pukul 12.00 Wib saing, membenarkan perihal penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Dit Reskrimum Polda Aceh tersebut.

“Benar saya telah di tetapkan sebagai tersangka oleh Dit Reskrimum Polda Aceh, dengan tuduhan telah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana surat perintah pemanggilan untuk memberikan keterangan kepada penyidik pada hari Senin tanggal 10 September 2012,” kata Tio.

Namun ketika di desak bagaimana kronologis kasus tersebut sehingga sampai dirinya di tetapkan sebagai tersangka, Tio menolak untuk memberikan penjelasan secara terperinci untuk saat ini.

“Yang pasti saya telah di korbankan dalam kasus ini sebab ada kronologis kasus atau duduk persoalan yang di penggal-penggal, namun demikian saya menghormati proses hukum yang sedang berjalan saat ini oleh sebab itu mari kita lihat dulu dan kita ikuti proses hukum yang sedang berjalan tersebut,” tandas Tio.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :