Topik Terhangat

Aceh Calonkan Diri Tuan Rumah PON 2020

Aceh Calonkan Diri Tuan Rumah PON 2020

Diliputnews.com – Provinsi Aceh mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Untuk itu, Aceh akan segera melakukan berbagai persiapan seperti pembangunan berbagai fasilitas olahraga berupa venue-venue cabang yang dipertandingkan.

Selain itu, juga akan pemerintah dan KONI Aceh melakukan lobi-lobi kepada panitia PB PON, KONI Pusat serta pihak terkait lainnya, guna memuluskan langkah Aceh untuk menggelar pesta olahraga empat tahunan itu.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah kepada wartawan ketika mengunjungi atlet kontingen Aceh PON XVIII tahun 2012 di Pekanbaru, Riau, Selasa (11/9).

Kedatangan Gubernur bersama unsur Muspida bertujuan untuk memberi semangat dan memotivasi atlet-atlet Aceh yang hingga kini belum mampu menyumbang satu medali pun. “Iya, kita telah berusaha dan siap menjadi tuan rumah PON XX yang akan datang. Dengan demikian, kita harus lakukan persiapan-persiapan mulai dari sekarang,” ujar Zaini Abdullah.

Menurut Gubernur Zaini yang didampingi Ketua Umum KONI Aceh, Zainuddin Hamid, untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan olahraga tingkat nasional, Aceh saat ini sedang berjuang. “Memang itu sedang dalam perencanaan kita untuk jadi tuan rumah PON. Tim kita juga akan sampaikan kepada KONI Pusat, sudah kita siapkan tim lobi dan draf persiapannya,” terangnya.

Ketika ditanyakan apa upaya dan persiapan yang dilakukan, karena selain Aceh, Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara juga ikut mencalonkan tuan rumah PON XX, Gubernur Zaini menyatakan, itu yang akan kita minta ke Presiden RI dan PB PON serta KONI Pusat, karena Aceh sebagai daerah modal dan model, bisa diutamakan sebagai tuan rumah PON.

“Saya sengaja berangkat ke Riau untuk menyampaikan langsung kesiapan Aceh menjadi tuan rumah. Kalau di Pemerintah Aceh sendiri sudah sangat siap sekali. ”

Disebutkan, berbagai infrastruktur olahraga di Aceh sudah membaik, namun untuk pelaksanaan PON tentunya akan ditingkatkan jika memang nantinya ditunjuk sebagai tuan rumah 2020.

Sementara Ketua Umum KONI Aceh Zainuddin Hamid, menjelaskan pihaknya juga akan berjuang maksimal agar dipercayakan sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan PON XX.

“Kita berusaha meyakinkan berbagai pihak, terutama KONI Pusat agar menjadikan Aceh sebagai tuan rumah PON 2020,” katanya menjelaskan.

Soal fasilitas olahraga yang dimiliki Aceh saat ini sebagiaanya sudah memadai, dan dalam waktu beberapa tahun mendatang terus dibenahi serta ditingkatkan. (mhd)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :