Topik Terhangat

Balon Bupati DPW PA Aceh Selatan Jalani Uji Mampu Baca Al Quran

Pilkada Aceh Selatan

Balon Bupati DPW PA Aceh Selatan Jalani Uji Mampu Baca Al Quran

Tapaktuan | Diliputnews.com – Sebanyak 18 dari 20 Bakal Calon (Balon) Bupati Aceh Selatan yang telah mendaftar ke DPW PA di tes uji mampu baca Al-quran di Gedung Pertemuan Rumoh Agam Tapaktuan. Tes tersebut di jadwalkan akan berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (22-23/9).

Ketua DPW PA Aceh Selatan, Tgk Rizwan Is yang di tanyai wartawan di Tapaktuan, Sabtu (22/9) mengatakan pada hari pertama tes uji mampu baca Al-quran tersebut di ikuti oleh sebanyak 8 Balon Bupati, yaitu H Tanius MN SE MM, Drs H Azwar Rahman M Si, Daspuri, T Nasruddin, Ir T Mudatsir Kamil, T Helmi, T Nahrensyeh dan Tgk M Nasir.

“Sedangkan sisa sebanyak sepuluh Balon lagi yakni Tgk Husin Yusuf, Daska Aziz, Drs H Harmaini M Si, Zirhan SP, Zulkifli alias Zulfata, Zaparidon Idris, Dr HM Nasir Spog, Drs Rahimanuddin, Drs H Darmansyah dan Tgk Ismizar akan di lanjutkan besok (Minggu-red) pagi mulai pukul 09.00 wib,” sebut Tgk Rizwan.

Menurutnya, para balon bupati tersebut di tes oleh tim dewan juri yang independen. Mereka adalah Tgk Rusdinur S Pd sebagai ketua dewan juri, Tgk Kadir sekretaris dan tiga orang anggota masing-masing Tgk Syamsuir Nazir, Drs Murdi Us dan Tgk Hanafiah.

“Kami atas nama pimpinan DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Selatan menegaskan bahwa tidak ikut campur dalam proses penilaian. Seluruh proses uji mampu baca Al-quran menjadi kewenangan mutlak dewan juri untuk menentukan hasilnya, dengan harapan semoga proses penilaian yang dilakukan benar-benar independen tidak ada pengaruh intervensi pihak manapun,” tegasnya.

Tgk Rizwan menambahkan, terhadap Balon yang di nyatakan lulus tes uji mampu baca Al-quran tersebut, berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu pemaparan visi misi dan program yang akan dilaksanakan mulai tanggal 24-25 September 2012. Sedangkan pemilihan dan penetapan Balon akan di laksanakan pada tanggal 27 dan 28 September 2012.

“Dalam proses pemilihan yang akan di laksanakan dalam bentuk voting suara nanti, setiap Balon harus mampu meraup perolehan suara sebanyak 50 persen plus satu atau lebih kurang sebanyak 111 suara dari jumlah suara seluruh nya mencapai 300 suara,” ujarnya.

Sedangkan untuk uji baca Al-quran dan pemaparan visi misi serta pemilihan dan penetapan bakal calon wakil bupati  dari Partai Aceh, tambah Tgk Rizwan, akan dilaksanakan mulai tanggal 27-29 Septemebr 2012.

“Untuk pengajuan usulan bakal calon Bupati/wakil bupati ke Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh di Banda Aceh akan dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai 5 Oktober 2012,” pungkasnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :