Topik Terhangat

Pemkab Nagan Raya Usir Lembaga Swadaya Masyarakat

Lokasi Rawa Tripa / Foto : Theglobejournal.com


Meulaboh | Diliputnews – Pemerintahan Kabupaten Nagan Raya mengusir para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang beroperasi di wilayah setempat, terkait pencabutan izin PT Kalista Alam (KA) terhadap lahan seluas 1.605 Hektar dalam gugatan yang dimenangkan Walhi kepada perusahaan tersebut.

Muspda Kabupaten Nagan Raya langsung memanggil sejumlah LSM ke kantor Bupati Nagan Raya, dalam pertemuan tersebut nyaris saja ricuh, pasalnya muspida meminta agar LSM yang selama mengadvokasi masalah hutan rawa tripa, untuk anggkat kaki di wilayah tersebut.

Direktur Yayasan Papan Nyak Seh dalam pertemuan tersebut mengatakan pihak LSM yang selama ini ingin menyelamatkan hutan Rawa Tripa dari kerusakan, sebab menurut para aktivis lingkungan, jika rawa tripa diberikan, akan hancur maka semua hewan satwa seperti orang hutan akan punah.

“Pihak LSM disni ingin menyelamatkan hutan rawa tripa, jika di biarkan semua satwa yang dilindungi akan punah,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPRK Nagan Raya Samsuardi mengatakan jika keberadaan LSM telah menggangu kehidupan masyarakat Nagan Raya, yang mempermasalahkan hutan yang dikelola oleh perusahaan PT KA dan masyarakat, agar polisi menangkap para penggiat LSM tersebut.

Kapolres Nagan Raya Juga mengatakan para LSM mempermasalahkan hutan rawa tripa yang selama ini membuat citra Nagan Raya buruk di mata Internasional.

Selain Kapolres, Dandim Nagan Raya Letkol Infantri Yunardi juga ikut marah dengan usaha LSM yang sangat ngotot melarang para investor menanam sawit dihutan Rawa Tripa, langkah yang salah karena itu kepentingan sekelompok orang tambah Dandim Nagan raya dalam pertemuan tersebut.

Kasus hutan rawa tripa, yang menjadi tempat hidupnya aneka marga satwa yang di lindungi Negara, kini telah dirusak perusahan sawit yang beroperasi di kawasan tersebut, hingga kini pihak LSM telah menyurati lembaga lingkungan internasional untuk menyelamatkan hutan dan hewan yang di lindungi.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :