Topik Terhangat

PT.Mifa Bersaudara Launching Pengapalan Perdana Batubara

PT.Mifa Bersaudara Lauching Pengapalan Perdana Batubara

Meulaboh | Diliputnews.com – Perusahaan tambang nasional PT Mifa Bersaudara yang beroperasi di Kabupaten Aceh Barat, Senin  (22/10) menggelar launching pengapalan perdana batubara di pelabuhan jety Meulaboh.

Lauching Pengapalan Perdana Batubara tersebut diresmikan oleh Bupati Aceh Barat T.Alaidinsyah, turut di hadiri Danrem 012 Teuku Umar, Unsur Muspida, Dandim 0105 Teuku Umar, serta perangkat SKPD Kabupaten Aceh Barat.

Direktur PT Mifa Bersaudara Slamet Haryadi mengatakan pengapalan batubara tersebut akan di ekspor tahap pertama ke perusahaan semen PT Andalas Indonesia di Loknga, Aceh Besar. dengan target 5000 ton, dan ini masih tahap pengujian, jika hasil batubaranya bagus, ini akan dilanjutkan.

PT Mifa Bersaudara sudah melakukan penjajakan dengan Perusahan Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Suak Puntong, Nagan Raya. Namun PLTU menolak sebab kalori batubara yang ada ini hanya berkisar 3.200-3.300 kkal/kg.

Sementara itu Bupati Aceh Barat T.Alaidinsyah mengatakan dengan adanya PT Mifa Bersuadara di Meulaboh bisa membuka lowongan kerja bagi masyarakat lokal, sehingga dapat menciptakan sebuah perkonomian yang baik di sekitar pelabuhan.

Kata T.Alaidinsyah dengan berproduksinya Batubara ini, bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui kewjiban royalty yang manjadi tanggung jawab PT Mifa Bersaudara.

“Aceh Barat banyak memiliki sumber Daya Alam yang belum di garap secara maksimal, hanya batubara ini yang baru kita memfaatkan, untuk itu kita perlu mempersiapkan SDM yang mampu mengelola sumber daya alam tersebut,” Katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Bagi Pendidikan di Aceh Barat perlu adanya sebuah fakultas yang khusus di bidang pertambangan sehingga kedepannya SDA mampu  dikelola sendiri oleh putra daerah.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :