Topik Terhangat

Enam Pasangan Calon Bupati/ Wakil Bupati Aceh Selatan Ikut Ikrar Pilkada Damai

Pilkada Aceh Selatan
Enam Pasangan Kandidat Pilkada Aceh Selatan Ikut Ikrar Pilkada Damai

Enam Pasangan Kandidat Pilkada Aceh Selatan Ikut Ikrar Pilkada Damai

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Enam pasangan calon Bupati/wakil bupati Aceh Selatan yang akan bersaing memperebutkan tampuk kepemimpinan di daerah yang di juluki “penghasil pala” itu, pada Pemilukada tanggal 26 Januari 2013 mendatang, membacakan serta menandatangani deklarasi Pemilukada damai dan demokratis, di depan kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Selatan (Kantor bupati lama-red), Senin (07/01).

Ke enam pasangan calon bupati/wakil bupati tersebut adalah, pasangan nomor urut satu, Hasmar Yulia S Pd/Mudasir S Kom, nomor urut dua M Saleh S Pdi/Ir Ridwan A Rahman MMT, nomor urut tiga H.T Sama Indra SH/Khamarsyah S Sos, nomor urut empat Drs H.T Darisman/Khaidir SE, nomor urut lima Tgk M Natsir/Zulkifli, dan nomor urut enam Wahyu M Waly Putra SH/H. Irwan SE M Si.

Pembacaan dan penandatanganan ikrar Pilkada damai di saksikan langsung oleh Ketua KIP Aceh, H Abdul Salam Poroh, Ketua KIP Aceh Selatan Liyan Azwin SE, Ketua Panwaslu Yusrizal S Ag, Sekdakab Aceh Selatan Drs H Harmaini Msi, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Inf Syarifudi, Kapolres Aceh Selatan AKBP Sigit Jatmiko SIK, Kajari Tapaktuan Meiza Khoirawan SH, Ketua PN Tapaktuan, Ketua Mahkamah Syariah dan Ketua MPU.

Turut hadir dalam acara itu, seluruh pimpinan Partai Politik pendukung pasangan calon, tim sukses serta simpatisan. Sedangkan Bupati Aceh Selatan Tgk Husin Yusuf dan Wakil Bupati Daska Aziz S Pd MA, tidak tampak hadir dalam acara penting dan sangat bersejarah itu.

Ketua KIP Aceh Selatan, Liyan Azwin SE, dalam sambutannya mengatakan acara pembacaan dan penandatanganan ikrar Pemilukada damai oleh seluruh pasangan calon bupati/wakil bupati tersebut merupakan acara yang sangat bersejarah bagi seluruh rakyat di daerah itu.

“Acara ini adalah momen yang sangat penting dan akan mengukir sejarah bagi seluruh rakyat Aceh Selatan. Dengan momentum inilah dapat kita ukur barometer baik atau buruknya proses demokrasi di Aceh Selatan,” kata Liyan Azwin SE.

Dalam kesempatan itu, Liyan Azwin atas nama KIP Aceh Selatan mengharapkan kepada seluruh pasangan calon serta tim sukses, agar dalam pelaksanaan Pemilukada, baik pada tahapan kampanye terbuka serta pada hari pencoblosan nanti sedapat mungkin agar dapat menghindari terjadinya aksi anarkis  di lapangan.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh, H Abdul Salam Poroh, dalam sambutannya menyebutkan sepanjang tahun 2012 pihaknya telah berhasil menyelenggarakan Pemilukada Gubernur/wakil gubernur serta bupati/wakil bupati di 19 Kabupaten/kota seluruh Aceh.

Menurutnya, pelaksanaan Pemilukada bupati/wakil bupati di Aceh Selatan merupakan Pemilukada yang ke 20 dan setelah Aceh Selatan tersisa Kabupaten Pidie Jaya dan Pemko Subulussalam.

“Harapan saya, pelaksanaan Pemilukada bupati/wakil bupati di Aceh Selatan berlangsung secara damai dan demokratis tanpa adanya aksi intimidasi atau pemaksaan kehendak. Tidak ada aksi saling senggol menyenggol dan semoga Pemilukada berjalan damai sesuai aturan yang berlaku,” ujar   H Abdul Salam Poroh, seraya menyebutkan jika setelah usai pelaksanaan Pemilukada nanti ada dari pasangan calon yang tidak puas atau tidak menerima hasilnya, maka pihaknya mempersilahkan kepada pasangan calon tersebut untuk mengajukan gugatan hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :