Topik Terhangat

Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Harus Negerikan

Sudirman, Mahasiswa UTU Meulaboh

Sudirman, Mahasiswa UTU Meulaboh


MEULABOH | DiliputNews.com – Peran pak Alfian Ibrahim sebagai Rektor UTU dalam meluruskan isu public, terkait perbaikan Sistem pendidikan UTU berstandar Operasional Prosedur, demi menyongsong perguruan tinggi negeri, penting mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, terutama oleh mahasiswa UTU sendiri, yang dalam hal ini menjadi komponen inti dalam mendorong perubahan, baik dalam konteks pendidikan, Penelitian ilmiah  maupun dalam hal pengabdian Masyarakat dan lainnya yang berkaitan dengan agenda kemahasiswaan yang membangun.

Seperti yang pernah diutarakan pak Alfian sendiri, di Ruangan kerjanya pada awal dilantik sebagai Rektor UTU, ada tiga Hal yang menjadi prioritas beliau, pertama Penegerian, Kedua Penguatan dan Ketiga jaringan kerjasama.

Tentunya jika Berbicara penegerian, bahasa yang sama dan sangat sering kita mendengarnya, semua berkas sudah diberikan pada kementerian pendidikan dan kebudayaan, tinggal sertifikat tanah yang belum siap, terkait sertifikat tanah juga sudah diupayakan hingga sekarang berkas sertifikasi tanah sudah dikirim pada bulan April, lagi proses di BPN pusat di Jakarta.

Berbicara Penguatan pendidikan di UTU, hal penting adalah adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikelola melalui Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) hingga kita membangun system pendidikan yang bermutu di Universitas Teuku Umar.

Terkait jaringan kerjasama, sangat perlu UTU membangun kerjasama dengan perguruan tinggi Lain baik di Aceh khususnya maupun perguruan tinggi/institute tingkat Nasional pada umumnya, dari kerjasama ini kita pihak UTU barang kali perlu belajar banyak dari lembaga-lembaga pendidikan lain yang sudah maju, dalam hal manajemen secara menyeluruh, sikap profesionalitas dan ide-ide cerdas lain dari mereka, demi membangun pantai barat dibidang pendidikan kedepan lebih baik.

Kerjasama UTU juga perlu dibangun dengan pihak swasta, Perusahaan-perusahaan dan pihak lain yang dapat mendorong Universitas Teuku Umar (UTU) lebih maju, karena pada dasarnya Universitas Teuku Umar milik Masyarakat Aceh umumnya, yang hanya terletak di Pantai Barat,

Mau diakui atau tidak ! jika mengiginkan UTU Negeri ? maka hal tersebut harus menjadi tujuan bersama, terutama pihak berwenang, seperti pemerintah daerah, Yayasan, Pembina Yayasan UTU, Rektorat, Mahasiswa, dan Masyarakat secara Umum, agar mengarahkan konsentrasi dan usaha sesuai kapasitas masing-masing, dengan begitu penegerian UTU, akan lebih mudah digapai. karena banyak sudah spekulasi sebelumnya terkait penegerian yang kita dengar, ketika dianalisa, kata-kata tersebut sifatnya hanya untuk meredam, mungkin punya kepentingan lain, barang kali juga, ‘kata UTU akan negeri’ yang selama ini terdengar, keluar dari bibir orang-orang yang tidak mengiginkan  Uneversitas Teuku Umar menjadi negeri, padahal masyarakat Mengiginkan UTU Negeri.

Kita mahasiswa juga dalam memberikan saran dan kritikan untuk di Evaluasi oleh pemimpin yang memiliki wewenang, bukan niat mahasiswa untuk menjatuhkan.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :