Topik Terhangat

Cetak Sawah Baru Bermasalah, Kadis Pertanian Siap Dilakukan Pengukuran Ulang

Cetak Sawah Baru Bermasalah

Cetak Sawah Baru Bermasalah

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Terkait dugaan adanya pernyimpangan cetak sawah baru di Kabupaten Nagan Raya, Kadis Pertanian mengaku akan siap dilakukan pengukuran ulang.

“Terkait isu pembukaan lahan sawah baru tidak sesuai dengan luas yang diajukan tertulis dengan fakta dilapangan, kita siap mempertanggung jawabkan hal tersebut, bahkan untuk dilakukan pengukuran ulang, untuk memastikan, terkait munculnya dugaan tersebut,” kata Kadis Pertanian Nagan Raya Ali Basah, Kamis (10/1)

Program cetak sawah baru tersebut, dikatakan Ali Basah untuk tahun 2013 masih tersu berjalan untuk mempertahankan sector pertanian terutama tanam padi di wilayah Nagan Raya

“Program cetak sawah baru untuk tahun 2013 masih terus berjalan., dan menjadi harapan kita kedepan program ini berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sumber dana program petanian sendiri diakuinya bersumber dari dana APBK. Penggunaan dana tersebut sendiri juga termasuk untuk pengadaan hewan ternak seperti sapi dan kambing.

“Dinas pertanian masih terus melancarkan program-program, tentunya untuk membina dan mengasuh kelompok tani yang ada di Desa Kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya,” Katanya.

Sementara program 2012-2013, dinas pertanian juga akan mengupayakan, agar setiap kelompok tani dengan anggota 15-25 orang nantinya akan mendapat satu unit hand traktor tangan.

“Kita berharap dengan bantuan traktor tangan nantinya dapat mepermudah para klompok tani untuk mengolah lahan,” imbuhnya.

Lebih lanjut , dana untuk sawah baru bersumber dari APBN, dan dikabarkan untuk tahun 2013 akan dialokasikan dana untuk 500 hektar yang di fokuskan untuk 10 Kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

“Kendala cetak sawah baru sendiri dalam tahun 2012 yakni banjir yang mengakibatkan lahan cetak sawah baru tenggelam dan mengakibatkan kerusakan mencapai ribuan hektar,” tutupnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :