Topik Terhangat

Dana Pilkada Aceh Selatan Sudah Dicairkan

Sabtu, 12 Januari 2013. Pkl. 14:53 WIB

Dibaca :702 views

Oleh : Hendrik | Aceh Selatan

Dana Pilkada Aceh Selatan Sudah Dicairkan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Harmaini mengatakan, dana hibah pemilukada sudah akan dicairkan dengan di tanda tanganinya Peraturan Bupati (perbup).

“Bupati sudah menanda tangani perbub dana hibah pemilukada, jadi kami harapkan semua pihak tidak usah khawatir karna pilkada pasti akan berjalan sesuai rencana,”katanya kepada wartawan di Tapaktuan Kamis (10/1) kemarin.

Sebelumnya kata Sekda, pencairan dana hibah sempat dinyatakan tidak butuh di perbupkan, namun belakangan ia menyatakan perlu sebagai syarat penting dalam pencairan dana Pemilukada sesuai aturan Permendagri Nomor 53 Tahun 2009.

“Setelah kami pelajari serta masukan dari pihak komisioner KIP Aceh Selatan, memang benar Perbup itu perlu harus di keluarkan, tapi hanya terkait untuk pencairan anggaran kepada KIP dan Panwaslu sebagai penyelenggaran dan pengawas Pemilukada. Sedangkan untuk anggaran pengamanan, Kesbangpollinmas dan Desk Pemilukada itu tidak perlu dan saat ini anggaran nya pun sudah dapat dicairkan kepada mereka,” katanya.

Lebih lanjut Sekda Harmaini menjelaskan, pihak komisioner KIP Aceh Selatan sudah berangkat ke Banda Aceh untuk membawa berkas penandatanganan Perbup kepada Bupati Husen Yusuf, dan hasil konfirmasi terakhir Bupati sudah menunggu kedatangan pihak komisioner KIP.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat belum cairnya anggaran operasional Pilkada telah membuat beberapa pihak di Aceh Selatan resah dan khawatir akan terlaksananya pilkada lancer dan tepat sesuai direncanakan.

Pasalnya, jadwal dan tahapan Pemilukada semakin terdesak dan telah di ambang pintu, sementara pihak KIP belum rampung dalam menyiapkan seluruh logistik serta alat peraga lainnya karena belum cair anggaran Pemilukada yang bersumber dari APBK 2013 sebesar Rp7 miliar lebih.

Menurut keterangan yang di himpun DiliputNews.com, dalam APBK Aceh Selatan tahun 2012, anggaran pemilukada telah di plotkan sebesar Rp8 miliar. Dengan rincian untuk KIP sebesar Rp6 miliar dan Rp2 miliar di plotkan untuk biaya pengamanan serta Panwaslu.

Berdasarkan perhitungan komisioner KIP, kebutuhan dana Pemilukada untuk satu kali putaran sebesar Rp13 miliar serta di tambah dana pengamanan sebesar Rp2 miliar, sehingga Pemkab Aceh Selatan harus menganggarkan dana tambahan dalam APBK 2013 sebesar Rp 7 miliar, dengan jumlah total membutuhkan dana senilai Rp15 miliar.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :