Topik Terhangat

AJI Aceh Adakan Roadshow Media Sehat Di Meulaboh

AJI Aceh Adakan Roadshow Media Sehat

Foto Ilustrasi AJI Workshop


MEULABOH | DiliputNews – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh, Selasa (15/1) menggelar roadshow media sehat yang mengambil tema “Mendorong Media Islam Dalam Pemberitaan Syariat Islam”, yang bertempat di hotel tiara Meulaboh.

Sebanyak 13 jurnalis yang hadir di pantai Barat dan Selatan Aceh untuk mengikuti roadshow media sehat tersebut, diantaranya media Analisa, Waspada, Serambi, Bisnis Indonesia, Harian Aceh, Top Informasi, DiliputNews.com, Rakyat Aceh, Atjehpost, RRI, Antara, Acehkita.com dan Harian Orbit.

Untuk menghiasi roadshow tersebut, AJI menghadirkan dua pemateri professional dari Banda Aceh yakni, Abdurazi Gade (Pimred Acehkita.com) dan Misdarul Ihsan (Sekretaris AJI Banda Aceh).

Kegiatan berlangsung selama satu hari ini, pemateri menyampaikan dan mesosialisasikan bagaimana penulisan berita mengenai syariat Islam yang ada di Aceh serta memperhatikan etika jurnalistik.

“Hal yang paling utama dan mendasar bagi jurnalis adalah memperhatikan 18 kode etik ketika menulis isu tentang syariat islam di Aceh, dimana selama tahun 2012 AJI Banda Aceh memantau media ada ditemukan banyak berita yang masih tidak memperhatikan etika jurnalistik itu,” kata Muktaruddin selaku Koordinator Program kegiatan.

Selain memperhatikan 18 kode etik, dikatakan Muktaruddin para jurnalis harus juga menjaga ketika berkomentar tentang pemberitaan syariat islam dan melihat sebelum menulis serta melihat undang-undang.

“Ini bukan saja tentang isu Syariat Islam, namun berita lainnya juga harus memiliki kode etik, berita sehat dan berimbang,” imbuhnya

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, para jurnalis yang bertugas diwilayah masing-masing dapat menjalankan kote etik sebagaimana yang ditelah atur dalam undang –undang.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :