Topik Terhangat

Dua Unit Kapal Ikan Sibolga Dibakar Nelayan

Dua Unit Kapal Ikan Sibolga Dibakar Nelayan

Dua Unit Kapal Ikan Sibolga Dibakar Nelayan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Dua unit kapal nelayan asal Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (17/1) dini hari dibakar oleh nelayan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

Pembakaran itu dipicu emosinya para nelayan, yang menjarah ikan di perairan Kabupaten Aceh Selatan, dengan menggunakan alat tangkap yang di larang Pemerintah Aceh.

Sebelum dibakar, Kapal Sibolga di tangkap oleh nelayan Labuhan Haji sekitar jam 12:00 WIB yang berjarak 2 mill dari dermaga, warga juga sempat menangkap 22 anak buah kapal, kemudian menyerahkannya kepihak Polsek Labuhan Haji Timur untuk di proses.

Panglima Laut Labuhan Haji Edi Syahputra mengatakan pembakaran kapal tersebut, berawal dari kekesalan warga yang sering melihat masuk kapal sibolga menjarah ikan di kawasan perairan Aceh Selatan

“Kapal Sibolga itu mengambilkan ikan tidak pilih bulu, meraka menggunakan alat alat modern seperti, menggunakan bom, pukat troll, dan pukat harimau, makanya nelayan marah dan emosi sehingga membakar kapal sibolga tersebut,” ungkap Edi Syahputra.

Kapolsek Labuhan Haji, Ipda Alviandi Lubis mengatakan sebanyak 22 awak kapal sudah kita amankan, untuk menghindari amukan warga, sementara kapal yang dibakar itu sudah tenggelam di dasar laut.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Alviandi Lubis menerangkan kapal Sibolga ini sudah pernah di tangkap dan telah membuat surat pernyataan sebelumnya tidak akan menangkap ikan lagi di perairan Aceh dengan menggunakan alat alat yang terlarang, sesuai dengan peraturan yang ada di Aceh Selatan, mereka juga telah berjanji akan memberitahu kepada kapal kapal sibolga lainnya

Untuk proses hukumnya dikatakan Alviandi Lubis , masih menunggu mediasi ke 22 abk, dan nelayan yang membakar juga akan kita periksa untuk dimintai keterangan.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :