Topik Terhangat

Di Nagan Raya Masih Banyak Perusahaan Tak Punya Izin Lingkungan

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Dari sektor pertamabangan dan perkebunan Kabupaten Nagan Raya diakui memiliki potensi yang sangat besar, namun hingga kini masih banyak perusahaan perusahaan di wilayah itu tidak memiliki izin lingkungan.

“Diperkirakan lima (15) perusahaan yang bergerak disektor perkebunan (Sawit) tidak memiliki surat izin lingkungan,” Kata Kepala Bidang Lingkungan Hidup Anwar SP kepada DiliputNews.com, Selasa (22/1).

Dikatakannya, perusahaan yang tercatat tidak memiliki izin tersebut rata-rata belum melengkapi perizinan tentang akses dan dampak negatif terhadap lingkungan, “Padahal, itu merupakan kewajiban bagi perusahaan untuk melengkapinya,” tutur Anwar.

Adapun ke 15 peusahaan tersebut yakni, PT Socfindo Kebun Seumayam,  PT Socfindo Seunagan,  PT Kallista Alam, PT Fajar Bayzuri, PT Usaha Semeta Alam, PT Surya Panen Subur 1, PT Surya Panen Subur 2, PT Aneuk Lembuk Dalam, PT Gelora Sawit Makmur, PT Nusantara, PT Emas Maniral Murni, PT Energi Alam Raya Semesta, PT Berata Subur Persada, PT PLN Suak Puntong, PT Watu Grede Utama.

Lebih lanjut dikatakan Anwar, pihaknya akan segera menyurati sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya, agar perusahaan melengkapi dokumen lingkungan tersebut.

Untuk tahap pertama berupa teguran agar perusahaan tersebut segera melengkapi dokumen izin lingkungannya. Peneguran kedua bisa berbentuk pemaksaan pemerintah bagi perusahaan yang diindikasikan melanggar aturan yang berlaku. Pemaksaan bisa dalam bentuk menghentikan sementara kegiatan perusahaan tersebut sampai melengkapi dokumen izin lingkungannya.

“Bukan kita yang membuat keputusan, ini sudah diatur ketentuannya dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” ucapnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :