Topik Terhangat

Para Nelayan Aceh Barat Masih Enggan Melaut

Foto Ilustrasi Nelayan Enggan Melaut

Foto Ilustrasi Nelayan Enggan Melaut


MEULABOH | DiliputNews.com – Sebagian nelayan tradisional Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, masih enggan melaut, mengingat kondisi cuaca dinilai masih ekstrim.

Koordinator Komunitas Nelayan Tradisional (Kontan) Aceh Barat Indra Jeumpa di Meulaboh menyatakan, hampir dalam sebulan ini para nelayan tradisional sedikit yang melaut, karena kondisi ombak di perairan Samudra Hindia masih cukup mengkhawatirkan, malahan ada kapal dari Sibolga, Sumut yang terdampar.

“Akibat cuaca ekstrim mengakibatkan ganasnya ombak di tengah laut membuat para nelayan wilayah ini tidak berani mempertaruhkan nyawa dan memilih melabuhkan kapal kecilnya di Sungai Padang Seurahet dalam tiga pekan ini,” ujarnya, Kamis 24 Janauri 2013.

Dikatakan, akibat sedikitnya nelayan yang melaut, pasokan ikan di pasar berkurang, sehingga harganya pun masih tetap tinggi.

Ia menyatakan, hampir satu bulan terakhir ini harga ikan di Meulaboh melambung karena pasokan terbatas sementara permintaan justru tinggi.

Menurut pedagang Darman Ali, harga ikan basah diprediksikan kembali normal paling cepat pada pertengahan Maret 2013, karena dalam dua pekan ini permintaan diperkirakan semakin tinggi.

“Inikan bulan Maulid, jadi permintaan sangat tinggi, apalagi dengan kondisi cuaca buruk banyak nelayan tidak melaut sudah sejak awal Januari lalu,” katanya.

Kata dia, seperti biasa setiap memasuki bulan Rabiul Awal, permintaan ikan basah sangat tinggi terutama kebutuhan umat muslim untuk ritual perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk ikan tongkol berukuran sedang masih bertahan Rp50.000/ekor, ikan kembung Rp35.000/Kg dan ikan tuna Rp35.000/Kg. Untuk jenis ikan karang bervariatif mulai dari harga Rp40.000 hingga Rp60.000/Kg.

Umumnya memasuki bulan Maulid Nabi Muhammad SAW kebutuhan ikan hanya dalam ukuran sedang hingga besar antara 2-5 kilogram/ekor untuk santapan sajian yang dikemas dalam “dalung” (ember). [ANT]


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :