Topik Terhangat

Beasiswa Untuk Mahasiswa Sumut Dan Aceh

Jumat, 01 Februari 2013. Pkl. 19:47 WIB

Dibaca :2,087 views

Oleh : SINDO | Pendidikan

Ilustrasi Beasiswa

Ilustrasi Beasiswa


MEDAN | DiliputNews.com – Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) wilayah I Sumatera Utara (Sumut)-Aceh mendapatkan kuota 7.000 beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk tahun ini.

“Kami sudah mengajukan 10.000 beasiswa, tetapi tampaknya tetap diberikan 7.000 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena anggarannya tidak cukup,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Dian Armanto, Kamis 31 Januari 2013.

Beasiswa yang dialokasikan untuk jenis program peningkatan prestasi akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM).Ini berbeda dengan beasiswa pendidikan miskin berprestasi (Bidik Misi) yang dikelola langsung oleh Dirjen Pendidikan Tinggi(Dikti) Kemdikbud.

“Untuk alokasi Bidik Misi,kami belum tahu berapa,”ujarnya. Dian mengaku,jumlah beasiswa tersebut masih kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan mahasiswa di Sumut- Aceh yang sekitar 225.000 orang. Namun, jumlah 7.000 beasiswa sudah termasuk peringkat tiga terbanyak dari Kopertis Jawa Timur dan Kopertis Sulawesi Selatan.

“PTS juga masih bisa mengupayakan untuk mendapatkan beasiswa dari program-program lainnya misalnya dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perbankan, dan perusahaan perusahaan,” ungkapnya. Pemberian kuota beasiswa di PTS sesuai proporsinya. Semakin banyak mahasiswanya, semakin banyak jumlah beasiswa yang diberikan. Syarat penerimaan bantuan masih tetap sama dengan tahun sebelumnya.

Penerima harus berprestasi secara akademik dan berlatar belakang keluarga tidak mampu. “Semua berkas mahasiswa ini diseleksi, jadi tidak langsung diterima.Disesuaikan kuota yang sudah dibagi di masing-masing PTS,”ujar Dian.

Terkait penyataan sejumlah elemen masyarakat beberapa waktu lalu yang menuding ada korupsi dalam penyaluran beasiswa, Dian menegaskan hal itu tidak mungkin terjadi.

Sebab, proses verifikasi data yang dilakukan sangat ketat. Pencairan uang langsung ke rekening penerima. Sementara Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) M Arifin Gultom sebelumnya menyatakan, tahun lalu pihaknya menerima alokasi beasiswa dari Kemdikbud untuk 250 mahasiswa.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :