Topik Terhangat

Tanah Longsor Menutup Jalan Alternatif Meulaboh – Banda Aceh

Kamis, 14 Februari 2013. Pkl. 01:54 WIB

Dibaca :976 views

Oleh : SIAF | Aceh Barat

Tanah Longsor Menutup Jalan Alternatif Meulaboh - Banda Aceh

Tanah Longsor Menutup Jalan Alternatif Meulaboh – Banda Aceh


MEULABOH | DiliputNews.com – Jalan alternatif Meulaboh-Banda Aceh terputus akibat terjadi longsor gunung tepatnya di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Kamis (13/2).

Longsoran tanah dari gunung tersebut menutup bagian jalan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya saja arus kendaraan yang tertutup menuju Tutut atau Banda Aceh.

Informasi yang berhasil dihimpun DiliputNews.com, Anggota RAPI Aceh Barat Junaidi menyebutkan, longsor terjadi sekitar pukul 16:30 WIB, Akibat Hjan Deras sejak dari sore tadi menyebabkan jalan lintas Meulaboh Tutut Longsor dengan ketinggian tanah menutupi badan jalan mencapai 2 meter, sedangkan panjangnya 20 meter.

Ia menambahkan saat ini belum ada korban jiwa, hanya saja satu unit mobil yang terbawa arus tanah longsor, milik Guru SD Sungai Mas, yang kini lagi ditangani oleh pihak BPBD Aceh Barat.

“Mobil eskudo BL 513 E milik Hamdani seorang Guru SD tertimbun longsor, sopir dan penumpang yang ada didalam mobil tersebut tidak apa-apa, dan perumahan warga dengan lokasi longsor itu jauh sekitar 1 kilometer,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Junaidi, hingga kini Tim BPBD Aceh Barat telah mengerahkan alat berat kelokasi untuk membersihkan tanah yang menutupi badan jalan tersebut, tepatnya di perbatasan Desa Lancong dengan Desa Sarah Perlak, Kecamtan Sungai Mas, Aceh Barat.

Menurut Janaidi, ruas jalan lintas Meulaboh-Tutut, Kecamatan Sungai Mas tersebut, dikenal sebagai daerah yang rawan terjadi longsor, sebab banyak ditemukan longsoran pada gunung dan ruas jalan yang hancur akibat tidak diperbaiki sehingga makin parah.

“Padahal ruas itu pascatsunami 2004 lalu merupakan jalan alternatif lintas Banda Aceh ke wilayah Pantai Barat-Selatan Aceh, akan tetapi sejak jalan Meulaboh-Calang-Banda Aceh rampung, jalan Tutut mulai dilupakan,” katanya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :