Topik Terhangat

Tanaman Pala Aceh Selatan Terancam Punah

Tanaman Pala Aceh Selatan Terancam Punah

Tanaman Pala Aceh Selatan Terancam Punah

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Sebagian besar pohon pala Aceh Selatan menghadapi kepunahan, pasalnya selama lima belas tahun terakhir, tanaman pala itu diserang hama dan penyakit dengan kondisi batang membusuk.

“Selama lima belas tahun, kondisi tanaman pala diserang penyakit dengan kondisi batang membusuk, penyakit tanaman itu hingga kini belum bisa ditanggulangi,” ungkap pemilik kebun pala, Zainiyus, Warga Gampong Simpang Tiga, Sawang Aceh Selatan, Senin (4/2).

Kata Zainiyus, pala merupakan komoditi unggulan di Kabupaten Aceh Selatan, tidak heran jika petani di daerah tersebut perekomiannnya bergantung pada pala.

“Banyaknya pala yang mati membuat penghasilan para petani menurun bahkan ada yang harus mengganti tanaman dari pala ke janis tanaman lainnya,” tuturnya.

Menurut Zainiyus , Kecamatan Sawang merupakan salah satu daerah penghasil pala di Aceh Selatan, tambahnya mereka belum menemukan obat yang dapat mencegah penyakit yang menyerang pohon dan buah pala tersebut.Hingga mereka hanya dapat pasrah saja.

Ia menjelaskan banyaknya pohon pala yang mati belakangan ini sontak membuat penghasilan petani menurun drastis yang semula bisa mencapai sepuluh juta per bulan, kini hanya berkisar satu jutaan.

“Petani berharap Pemerintah Aceh selatan melalui dinas terkait segera turun tangan untuk menangani hama dan penyakit yang menimpa tanaman pala tersebut,” pintanya.

Seperti yang kita ketahui, harga Minyak Pala saat ini di pasaran masih bertahan di posisi Rp. 960.000/Kg dari harga sebelumnya Rp. 1.060.000/Kg.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :