Topik Terhangat

Provinsi Aceh Kekurangan Polisi

Provinsi Aceh Kekurang Polisi

Provinsi Aceh Kekurangan Polisi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi mengatakan kepolisian di Aceh saat ini kekurangan personel mencapai 10 ribu orang.

“Jumlah personel yang dimiliki masih kurang. Polda Aceh masih kekurangan sekitar 10 ribu personel,” kata Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi di Banda Aceh, Selasa 5 Maret 2013.

Berdasarkan daftar susunan personel dan pelengkapan (DSPP), kata dia, anggota Kepolisian Daerah Aceh mencapai 24 ribu lebih. Sedangkan yang ada sekarang ini hanya sekitar 13 ribuan personel.

Kapolda menjelaskan kekurangan personel tersebut hampir di semua satuan, termasuk kepolisian resor dan sektor yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

“Untuk memenuhi personel sesuai DSPP, dibutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan tahun. Dengan catatan, rata-rata rekrutmen dalam setahun sekitar 800 anggota Polri baru,” kata Kapolda Aceh.

Saat ini, kata dia, kepolisian sedang melakukan proses rekrutmen calon brigadir Polri. Jumlah keseluruhan yang direkrut di seluruh Indonesia mencapai 17 ribu orang.

“Kami belum tahu kuota untuk Aceh dari 17 ribuan calon polisi tersebut. Namun, kemungkinan Polda Aceh menerima sekitar 700 hingga 800 polisi baru,” kata dia.

Selain brigadir, kata Kapolda, kepolisian juga melakukan rekrutmen calon polisi untuk sekolah pengembangan dari sarjana dengan pangkat inspektur. Dari sekolah pengembang ini direkrut dua calon dari Aceh.

“Sedangkan rekrutmen Akademi Kepolisian atau Akpol sekitar enam orang, termasuk satu di antaranya polisi wanita,” kata jenderal berbintang dua tersebut.(Red/Antara)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :