Topik Terhangat

Pemerintah Aceh Diminta Serius Tangani Masalah Gizi Buruk

Pemerintah Aceh Diminta Serius Tangani Masalah Gizi Buruk

Pemerintah Aceh Diminta Serius Tangani Masalah Gizi Buruk

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh, diminta untuk dapata menangani dan memperhatikan persoalan gizi buruk yang banyak diderita para balita di Aceh.

“Kasus tersebut bukan satu-satunya yang terjadi di Aceh, tapi merupakan penderitaan yang telah dialami dan dirasakan oleh ratusan balita lainnya,” ungkap Direktur YAB, Kurdinar melalui rilisnya, Kamis (7/3/).

Catatan Yayasan Anak Bangsa  Aceh, dalam enam bulan terakhir, sudah tercatat beberapa kasus gizi buruk di Aceh. Pada September 2012, seorang bayi di Kuta Cane, Arif Maulana berusia sembilan bulan dari keluarga miskin asal Desa Tanjung Baru, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara, meninggal dunia di RSUD Sahuddin Kutacane akibat gizi buruk.

Di Pidie Jaya, pada Desember 2012 dua balita bernama Hermasyah asal Gampong Dayah Tumanah, Kecamatan Trienggadeng dan Nilawati asal Gampong Paru Keude, Kecamatan Bandar Baru, juga meninggal karena mengalami hal yang sama yakni gizi buruk.

Di Simeulue, sejak Januari hingga November 2012 YAB mencatat 17 balita mengalami gizi buruk.

Sedangkan berdasarkan data yang dihimpun UNICEF, tentang kondisi kesehatan anak-anak di Aceh angka gizi buruk kronis (stunting) meningkat dari 38,9 persen (2011) menjadi 44 persen pada tahun 2012.

“Lebih dari 200 ribu bayi di bawah lima tahun (Balita) menghadapi masalah gizi buruk ini. Sebagian besar penderitanya sudah sampai tahap mengkhawatirkan,” sebutnya dalam pernyataan tertulis tersebut.

Yayasan Anak Bangsa (YAB) Aceh dengan ini mengharapkan kepada Pemerintah Aceh agar mengatasi persoalan gizi balita demi menyelamatkan masa depan anak Aceh di masa yang akan datang.

Pemerintah perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan secara berkelanjutan termasuk penanggulangan kurang gizi karena masalah gizi sangat erat kaitannya dengan masalah ketahanan pangan di tingkat rumah tangga dan menyangkut aspek pengetahuan serta perilaku yang kurang mendukung pola hidup sehat.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :