Topik Terhangat

Forum Pala Melatih 135 Pengrajin Pala di Aceh

Forum Pala Aceh Melatih 135 Pengrajin

Forum Pala Aceh Melatih 135 Pengrajin

TAPAKTUAN | DiliputNews..com – Forum Pala Aceh melatih 135 pengrajin hasil olahan pala di sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan untuk mengembangkan diversifikasi produk.

“Pelatihan ini untuk mengarahkan para pengrajin untuk melahirkan produk-produk baru hasil olahan pala,” kata Ketua Forum Pala Aceh Mustafril yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu 13 Maret 2013.

Pelatihan digelar di Sekretariat Forum Pala Aceh di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, 13 hingga 19 Maret 2013. Pelatihan dibagi tiga angkatan, diikuti masing-masing 45 peserta. Mayoritas peserta kalangan ibu-ibu rumah tangga, yang selama ini merupakan pengrajin olahan pala.

Selama ini, kata Mustafril, selain untuk minyak asiri, pala diolah untuk sirup dan manisan. Padahal, pala bisa diolah untuk produk lainnya yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Dalam pelatihan ini, peserta dilatih mengolah pala menjadi sambal, jeli, permen, minuman instan maupun produk lainnya,” ungkap Mustafril yang juga dosen Fakultas Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Ia mengatakan, pelatihan berupa praktik langsung dipandu dua instruktur, yakni Yuliani Aisyah dan Yanti Meldasari. Keduanya dari Fakultas Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Menurut dia, pelatihan yang didanai USAID, lembaga donor dari Amerika Serikat, digelar untuk melahirkan kreativitas pengrajin mengembangkan aneka ragam produk hasil olahan pala.

“Kami berharap dari pelatihan ini dapat memicu semangat pengrajin olahan pala mengembangkan produknya, sehingga mampu meningkatkan perekonomian mereka dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” kata dia. (Red/Antara).


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :