Topik Terhangat

Perusahaan Daerah Aceh Belum Sumbang Pendapatan Asli Daerah

Perusahaan Daerah / Ilustrasi

Perusahaan Daerah / Ilustrasi


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengakui, meski hampir 19 tahun berdirinya Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA), belum memberikan kontribusi nyata bagi pendapatan asli daerah (PAD).

“Harus diakui hampir 19 tahun sejak didirikannya, PDPA mengalami dinamika pasang-surut, dan berbagai kendala sehingga belum dapat memberikan kontribusi nyata terhadap PAD,” katanya di Banda Aceh, Rabu 13 Maret 2013.

Saat pengambilan sumpah dan melantik direksi dan badan pengawas PDPA, Gubernur mengatakan bahwa Pemerintah Aceh menata kembali lembaga tersebut agar bisa melahirkan kinerja yang mengembirakan.

Oleh karena itu, Zaini mengatakan bahwa tidak ada pilihan lain untuk menata kembali manajemen dari PDPA, termasuk pergantian para direksi dan badan pengawas.

Gubernur menegaskan bahwa perubahan tersebut bukan berarti pemerintah menilai bahwa jajaran direksi sebelumnya tidak berkualitas, melainkan semata-mata untuk penyegaran.

“Kami berharap dengan adanya perombakan pejabat teras di manajemen itu, PDPA Aceh mutlak harus memiliki semangat baru untuk melakukan pencapaian terhadap hal-hal yang ditargetkan,” katanya menambahkan.

Untuk itu, lanjut dia, Pemerintah Aceh perlu menempatkan figur-figur yang memiliki jiwa bisnis, bisa berkreasi, berinovasi, dan bertanggung jawab dalam upaya peningkatan kapasitas menuju profesionalisme PDPA.

“Sekali lagi saya berharap jajaran direksi PDPA yang baru ini agar mengedepankan profesionalisme dalam bekerja sehingga perusahaan daerah ini benar-benar berjalan sebagai sebuah perusahaan yang berorientasi pada bisnis,” kata Zaini Abdullah.

Menurut dia, dengan adanya profesionalisme dan kemandirian PDPA, lambat laun tingkat ketergantungan terhadap pemerintah daerah dapat dikurangi,” kata dia menambahkan.

Selain itu, Gubernur juga mengharapkan agar badan pengawas PDPA dapat mendorong terciptanya perubahan paradigma di perusahaan dalam meraih peluang usaha dengan kemampuan kompetitif yang lebih baik sehingga kinerjanya lebih maksimal pada masa mendatang.(Red/Antara)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :