Topik Terhangat

Bupati Aceh Barat Digugat Perusahaan Pertambangan

MEULABOH | DiliputNews.com – Bupati Kabupaten Aceh Barat, H T Alaidinsyah digugat oleh perusahaan pertambangan batubara PT Indonesia Pasifik Energi (IPE) karena memberikan izin pembangunan jalan lintas kepada PT Mifa Bersaudara.

Kapala Bagian Hukum Setdakab Aceh Barat Arman, SH di Meulaboh Jum’at (15/3) mengatakan, pada sidang gugatan perdana bupati Alaidinsyah tidak dapat hadir di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh pada Kamis (14/3) karena belum memiliki kuasa hukum.

“Pada persidangan kedepan kita akan hadir karena sudah memiliki kuasa hukum sampai hari ini kita masih menanti surat pangilan kedua dari PTUN Banda Aceh,”katanya.

Kata dia, gugatan terhadap bupati Aceh Barat sedang dipelajari dan dipastikan pada sidang mendengar jawaban tergugat pada 28 Maret 2013, Alaidinsyah akan hadir melawan gugatan perusahaan luar yang mengarap hasil bumi di wilayahnya.

Sementara itu, Media Relations PT Mifa Bersaudara Handi Adrian mengatakan Dalam gugatan tersebut PT Mifa Bersaudara mengajukan diri sebagai tergugat intervensi untuk membantu pemerintah menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

“Kita mendukung kebijakan bupati Alaidinsyah karena persoalan kebijakan ini muncul setelah mempertimbangkan keuntungan daerah dari hadirnya investor,” ungkap Handi.

Handi, menjelaskan pihak PT Mifa Bersudara tidak membangun jalan lintas yang saat ini dapat digunakan warga diatas tanah milik PT IPE karena kepemilikan tanah tersebut sah secara hukum jual beli dengan masyarakat dan memiliki legalitas hukum.

Manegeman PT Mifa Bersaudara, kata Handi, sudah siap mendukung bupati Alaidinsyah sesuai argumentasi hukum yang berlaku untuk memenangkan perkara di PTUN Banda Aceh kedepan.

“Kita juga sudah mempersiapkan kuasa hukum dan berkas dan harapan kita hal ini dapat diselesaikan secara baik dan tidak merugikan daerah serta investor,”katanya.

Handi, menjelaskan tidak membangun jalan lintas yang saat ini dapat digunakan warga diatas tanah milik PT IPE karena kepemilikan tanah tersebut sah secara hukum jual beli dengan masyarakat dan memiliki legalitas hukum. (W01/Af)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :