Topik Terhangat

Nelayan Aceh Barat yang Terdampar di India Dipulangkan

Nelayan Aceh Barat yang Terdampar di India Dipulangkan

Nelayan Aceh Barat yang Terdampar di India Dipulangkan


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Seorang Warga Aceh Barat, Khairudin yang terdampar di Perairan Pulau Andaman, India, pada 23 Desember 2012 lalu, akhirnya dipulangkan, Selasa (19/3), melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.

Sebelumnya Khairudin bersama tiga rekannya melakukan pelayaran sejak 10 November 2012 dengan menggunakan perahu kecil. Mereka melaut melalui jalur Pelabuhan Lhokseumawe menuju ke perairan perbatasan Indonesia.

Kata Khairudin, salah seorang nelayan bernama Abu Bakar meninggal dunia di tengah lautan. “Yang selamat hanya 3 orang sampai ke India, satu rekan saya meninggal karena sakit serta kekurangan makanan, dan selama 37 hari kami terombang-ambing dilautan,” katanya.

Ia juga menambahkan selama terombang-ambing tersebut, mereka bertahan hidup dengan bekal makan dan air minum seadanya, bahan bakar dan peralatan memasak pun semakin menipis sehingga mereka menangkap ikan kecil di lautan.

Sebelum diserahkan ke Kedutaan Besar Indonesia di India, Khairudin mengaku diperlakukan dengan baik oleh pihak terkait di India.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo mengatakan pemulangan nelayan yang terdampar diluar negeri merupakan wujud nyata perlindungan diberikan oleh pemerintah kepada nelayan.

“Saya pribadi dan mewakili Pemerintah RI mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Sr.Abu Bakar, semoga keluarga diberi ketabahan,” ucapanya.

Informasi yang dihimpun, Ketiga nelayan tersebut adalah Basri bin Bustari warga Kampung Jawa, Banda Aceh, Safari bin Khairuddin warga Meulaboh, dan Muhibuddin bin Hamit warga Blang Pidie. Ketiganya diselamatkan petugas patroli Coast Guard Dornier of Andaman Nicobar di Pulau Tillong Chong, India, pada 18 Januari lalu.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :