Topik Terhangat

Seekor Lumba-Lumba Terdampar Di Pantai Aceh Selatan

Lumba-Lumba Terdampar Di Pantai Aceh Selatan

Lumba-Lumba Terdampar Di Pantai Aceh Selatan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Seekor ikan lumba-lumba terdampar di pesisir Pantai Aceh Selatan, tepatnya di Gampong Gambir, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, Sabtu (22/3) pagi.

Seorang warga setempat  Tegar di Tapaktuan, mengatakan, kehadiran mamalia laut tersebut sudah terlihat sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

“Pertama saya melihat ikan ikan lumba-lumba itu pada jam 7 pagi,  setelah itu saya langsung memanggil warga lainnya untuk memberikan pertolongan,” katanya.

Lumba-lumba jantan dengan panjang sekitar satu meter ini menjadi tontonan warga sekitar. Warga mencoba untuk memberi pertolongan dengan cara menarik kembali ikan lumba-lumba ini ke tengah laut.

“Warga sempat memberikan pertolongan dengan melepaskan kembali kelaut, namun ikan tersebut kembali terdampar, itu sampai empat kali,” kata Tegar.

Melihat kondisi lumba-lumba itu semakin melamah, warga terpaksa menangkap dan menaikan ke darat guna di berikan oksigen.

”Setelah melihat hewan tersebut pulih, kami kembali melepaskannya kelaut,” ungkapnya.

Dari Informasi yang dihimpun DiliputNews.com, menurut warga berat dugaan terdampar nya ikan dilindungi tersebut karena cuaca buruk, sehingga membuat ia terjebak arus pasang surut ombak laut.

Sementara itu Anhar tokoh Pemuda Sawang kepada DiliputNews.com menuturkan, jenis ikan lumba-lumba ini yang sering menolong manusia tengah laut. Salah satu jenis lumba-lumba yang paling terkenal adalah lumba-lumba hidung botol (bottlenose dolphin).

“Ikan yang terdampar ini, jenis lumba-lumba hidung botol, yang sering menolong manusia ditengah laut,” tutur Anhar.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :