Topik Terhangat

Eksekutif Dan Legislatif Pantai Barat Aceh Beri Hak Anak

Eksekutif Dan Legislative Pantai Barat Aceh Gelar Workshop

Eksekutif Dan Legislative Pantai Barat Aceh Gelar Workshop

MEULABOH | DiliputNews.com – Puluhan perwakilan eksekutif dan legislative dari dua kabupaten di Pantai Barat Aceh, Rabu (27/3), melakukan workshop integrasikan hak-hak anak kedalam kebijakan Pemerintah.

Dalam Workshop tersebut, sebagai narasumber, yakni, T. Ahmad Dadek SH (Kepala Bapeda Aceh Barat) dan Taupik Ali (Anggota DPRK Aceh Barat). Selain dari kalangan eksekutif.

Peserta diskusi juga terlihat beberapa anggota DPRK Aceh Barat, seperti Nurhayati SH, Samsul Bahri, dan H. Said Munajar. Sedangkan peserta dari kalangan legislative Nagan Raya, yakni Effendi Ibrahim, Ruslim SH, dan Malem Muda.

Wacana ini menjadi topik diskusi, karena dianggap perlu diperjuangkan demi memperoleh mental intelektual regenerasi masa depan bangsa.

Koordinator Yayasan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP) Meulaboh dan selaku penyelenggara workshop, Taufik Hidayat Harahap, mengatakan, dalam diskusi pihak eksekutif dan legislative dari dua Kabupaten wilayah Pantai Barat Aceh.

Dan ini telah sepakat untuk memperjuangan hak dan nasib masa depan anak dikemudian hari, dengan mewacanakan untuk memberi ruang (akses) bagi anak dalam menyampaikan pendapat atau aspirasi melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Anak.

Dalam regulasi pun, Koordinator Yayasan KKSP (Pusat Pendidikan dan Informasi Hak Anak) Meulaboh, menilai, memberikan akses bagi anak dalam menyampaikan pendapat, seperti Musrenbang anak, tidak bertentangan dengan atruran.

Sehingga, dalam draf Qanun Anak Pemerintahan Aceh Barat terdapat Bab yang memberi ruang bagi anak untuk menyampaikan pendapat melalui Musrenbang Anak. “Tapi, anak peserta Musrenbang, harus setingkat SLTP dan SLTA, mereka juga mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasi dalam kebijakan masa depan daerah mereka,” jelasnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :