Topik Terhangat

PDAM Aceh Beralih Ke Dunia Teknologi

PDAM Aceh Ilustrasi

PDAM Aceh Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Provinsi Aceh, tuntut enam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) lintas Pantai Barat Selatan Aceh beralih dari manajemen manual ke terkoneksi inventarisasi data komputerisasi.

“Demi optimalisasi kinerja pihak perusahaan air minum di Aceh, makanya harus beralih kepada manajemen Website Geographic Information Sistem (GIS),” kata Drs. Azhari Ali, Kepala Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Provinsi Aceh, kepada DiliputNews.com, Kamis (28/3) kemarin.

PDAM di pantai barat selatan Aceh,  yang dituntut beralih kepada manajemen pengelolaan website GIS, yakni PDAM Aceh Jaya, PDAM Aceh Barat, PDAM Nagan Raya, PDAM Simeuleu, PDAM Abdya, PDAM Aceh Selatan, dan PDAM Aceh Singkil.

Drs. Azhari Ali menyampaikan sejumlah informasi terkait pengenalan cara kerja dan fasilitas pendukung dari manajeman wesite GIS, yang telah berhasil dioperasionalkan oleh PDAM Jawa, PDAM Kalimantan, dan PDAM Sulawesi.

“Saya Optimis kalau PDAM di pantai barat Aceh telah mampu mengadopsi manajemen website GIS ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Azhari persyaratan utama dalam menggunakan manajeman kerja operasional website GIS, yakni harus didukung oleh perangkat Billing Sistem sebagai perangkat penyimpang database meteran pelanggan. Dan cara kerja Billing Sistem telah dijalankan pada beberapa PDAM diwilayah pesisir Aceh.

”Jadi, kalau PDAM di pesisir barat Aceh ini akan memakai manajemen website GIS, maka mereka wajib menyediakan action plan, yang salah satu perangkatnya adalah Billing Sistem,” detailnya.

Kemudahan dari manajemen website GIS tersebut, sangat komplit, seperti mampu memantau setiap masalah distribusi jaringan, pencegahan pencurian air, dan petugas dapat bekerja dengan cepat dan bijaksana, sebab, tinggal mengklik, maka seluruh data informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh.

Dengan menggunakan manajemen ini, maka seluruh kegiatan jaringan distribusi akan terinventarisasikan karena teraplikasi kedalam komputerisasi Website GIS.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :