Topik Terhangat

ABAS Deklarasikan Pemekaran Provinsi Baru

Sabtu, 20 April 2013. Pkl. 17:11 WIB

Dibaca :1,321 views

Oleh : SIAF | Aceh Barat

ABAS Deklrasikan Pemekaran Provinsi Baru

ABAS Deklarasikan Pemekaran Provinsi Baru

MEULABOH | DiliputNews.com – Komite Percepatan Pendirian Provinsi Aceh Barat Selatan (KP3 Abas), Sabtu (20/4) deklarasikan pemekaran daerah Aceh Barat Selatan Aceh menjadi provinsi (baru) sendiri.

Dalam deklarasikan tersebut dihadiri Sejumlah tokoh dari enam kabupaten di pantai barat Aceh, yakni Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat dan Aceh Jaya, mendeklarasi Provinsi ABAS yang dihadiri lebih 300 massa di Meulaboh Aceh Barat.

Tokoh pemakarsa Provinsi Aceh Barat Selatan (ABAS) Cut Agam yang didamping T.Sukandi mengatakan dalam Gren Desain Besar Penataan Daerah di Indonesia 2010-2025 diterima dari Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) diterakan, Nangroe Aceh Darussalam (NAD) mendapat estimasi melakukan provinsi tahun 2016-2020.

Dari data pemerintah tersebut para tokoh pemakarsa ABAS mendeklarasikan dan tidak keberatan apabila ALA bersatu dengan ABAS untuk mempercepat terwujud pemekaran yang sudah diperjuangkan mulai 2003 itu.

“Yang penting kita mendesak pemerintah pusat untuk segera mengrealisasi pemekaran jangan sampai hingga waktu 2016, karena pada tahun itu presiden RI bukan lagi SBY, jadi kita terus termakan janji pemerintah,”katanya mengaskan.

Cut Agam yang juga mantan Wakil Ketua DPRK Aceh Barat itu menambahkan, untuk mempercepat terlaksananya Provinsi ABAS tokoh pantai barat juga sudah membentuk tim untuk mendatangi Kemendagri mempertanyakan kembali keseriusan pemeritah pusat itu.

“KP-3 ABAS sudah terbentuk dan tim ini akan mendatangi Mendagri untuk mempercepat pemekaran, coba lihat provinsi diluar Aceh yang sudah mekar, mereka sudah maju, sementara Aceh yang memiliki dana otonomi khusus ratusan triliun, apa hasilnya yang dilihat di pantai barat Aceh,”katanya.

Pantauan DiliputNews.com, sejumlah tokoh abas dan masyarakat turut mendukung pembentukan provinsi ABAS, mereka melakukan tandatangan darah diatas kain putih sepanjang 100×2 meter dihadapan hotel Meuligoe Meulaboh.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :