Topik Terhangat

Bawaslu Aceh Rekrut Anggota Panwaslu

Kamis, 23 Mei 2013. Pkl. 00:01 WIB

Dibaca :1,256 views

Oleh : Antara | Politik

Bawaslu Aceh Rekrut Anggota Panwaslu

Bawaslu Aceh Rekrut Anggota Panwaslu


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Aceh akan merekrut anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota.

“Kami akan membentuk dan merekrut anggota Panwaslu kabupaten/kota. Kami juga sudah membentuk tiga regional perekrutan anggota Panwaslu di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh,” kata Ketua Bawaslu Aceh Asqalani di Banda Aceh, Rabu 22 Mei 2013.

Asqalani menegaskan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum memberi kewenangan kepada Bawaslu membentuk dan merekrut anggota Panwaslu kabupaten/kota.

Rencananya, kata dia, rekrutmen anggota Panwaslu kabupaten/kota dimulai awal Juni 2013. Setiap kabupaten/kota akan direkrut masing-masing tiga anggota Panwaslu.

“Bagi masyarakat yang berminat bisa mendaftar di tiga regional perekrutan, yakni di Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Subulussalam. Setiap regional membawahi delapan kabupaten/kota,” katanya.

Asqalani menyebutkan, rekrutmen dan pembentukan Panwaslu kabupaten/kota dinilai mendesak karena tahapan pemilu sudah berlangsung. Setelah Panwaslu kabupaten/kota terbentuk, maka segera dibentuk Panwaslu kecamatan dan panitia pengawas lapangan di tingkat dewa atau gampong.

“Pengawas pemilu yang akan dibentuk nanti tidak hanya mengawasi pemilu legislatif, tetapi juga pemilihan presiden. Masa tugas Panwaslu kabupaten/kota, Panwaslu kecamatan dan panitia pengawas lapangan hingga dua bulan sejak presiden terpilih dilantik,” katanya.

Menurut Asqalani, dengan direkrutnya panitia pengawas di semua jenjang tersebut akan membantu tugas Bawaslu Aceh dalam mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden pada 2014.

“Saat ini kami kewalahan mengawasi tahapan pemilu legislatif. Karena itu, kami mengimbau masyarakat, lembaga-lembaga pemantau turut membantu pengawasan tahapan pemilu ini,” kata Asqalani.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :