Topik Terhangat

Bawaslu Aceh Tangani Laporan Pencoretan Bacaleg

Rabu, 19 Juni 2013. Pkl. 23:27 WIB

Dibaca :428 views

Oleh : Antara | Politik

Bawaslu Aceh Tangani Laporan Pencoretan Bacaleg

Bawaslu Aceh Tangani Laporan Pencoretan Bacaleg


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh menangani laporan pencoretan bakal calon legislatif yang dilaporkan Partai Gerindra.

“Partai Gerindra melaporkan pencoretan calonnya di Daerah Pemilihan I Kabupaten Nagan Raya. Laporan ini sedang kami kaji,” kata Ketua Bawaslu Aceh Asqalani di Banda Aceh, Rabu 19 Juni 2013.

Ia mengatakan, Partai Gerindra melaporkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya mencoret seluruh calon legislatif yang diusung partai tersebut, karena tidak memenuhi kuota perempuan.

Sebelumnya, kata dia, Partai Gerindra mendaftarkan delapan calon, lima laki-laki dan tiga perempuan untuk DPRK di Daerah Pemilihan I Kabupaten Nagan Raya.

Namun, kata dia, saat uji mampu baca Al Quran, seorang calon perempuan dinyatakan tidak lulus. Dengan sendirinya, yang tidak lulus tersebut dinyatakan gugur dalam pencalonan.

“Gugur atau tidak lulusnya calon wanita tersebut menyebabkan kuota perempuan Partai Gerindra Daerah Pemilihan I Nagan Raya tidak memenuhi alokasi minimal 30 persen, sehingga semua calon di daerah pemilihan itu dicoret,” kata dia.

Berdasarkan laporan tersebut, kata Asqalani, pihaknya menelaah dan mengkaji terlebih dahulu apakah pengaduan itu memiliki unsur pelanggaran atau tidak sebelum memutuskannya.

“Undang-undang memerintahkan Bawaslu mengkaji laporan ini selama lima hari. Jika laporan ini memiliki unsur pelanggaran, maka akan ditindaklanjuti sesegera mungkin,” kata Asqalani. [Red/Ant]


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :