Topik Terhangat

Sebagian Besar Nelayan Aceh Barat Belum Melaut

Sebagian Besar Nelayan Aceh Barat Belum Melaut

Sebagian Besar Nelayan Aceh Barat Belum Melaut


MEULABOH | DiliputNews.com – Sebagian besar nelayan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, belum melaut, sehingga pasokan ikan di tingkat pedagang terbatas yang mengakibatkan harganya meningkat 75 persen dibandingkan sepekan lalu.

Mustafa Ali, pedagang di Meulaboh mengatakan sebagian besar nelayan tradisional belum melaut hingga H+5 lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah sehingga membuat harga ikan basah naik rata-rata 60 hingga 75 persen, karena permintaan meningkat.

“Cuaca juga sedang tidak menentu, ombak dan badai di laut masih terjadi sejak sepekan ini. Jadi, nelayan memilih menjadi penjual ikan dari pada melaut,” katanya, Rabu 14 Agustus 2013.

Untuk jenis ikan basah yang mengalami kenaikan seperti ikan Tuna dari harga Rp25.000 sebelum lebaran kini menjadi Rp38.000-Rp43.000/Kg, kemudian Kakap atau ikan karang dari harga Rp45.000 menjadi Rp60.000/Kg.

Ikan Kembung dari Rp30.000 naik menjadi Rp38.000/Kg, Dencis dari Rp18.000 menjadi Rp28.000/Kg dan Bawal Rp65.000/kg, namun pasokan Bawal masih kosong.

Sementara untuk jenis ikan kecil campuran masih dapat diperoleh dengan harga standar walau ada kenaikan namun hanya selisih Rp3.000-Rp6.000/Kg.

“Ikan campuran ini hasil tangkapan nelayan boad kecil, pagi berangkat siangnya sudah kembali dan hanya ikan ini harganya stabil, kalau naik hanya kisaran tiga ribu sampai lima ribu per tumpuk,” jelasnya.

Sementara itu, Heri, salah seorang nelayan yang baru pulang dari melaut ketika dihampiri di TPI Ujong Baroh, membenarkan ombak dan badai besar di tengah laut, sehingga kapal atau boad nelayan berkapasitas kecil memilih bersandar didermaga TPI.

“Ketinggian ombak bervariasi, tapi tidak sampai menenggelamkan kapal nelayan kecuali boad kecil, tapi nelayan yang berlayar jauh umumnya boad berkapasitas besar karena bermalam,” katanya menambahkan.

Suasana pasar ikan dan pusat perbelanjaan di Kota Meulaboh mulai berjalan normal, para pedagang sudah beraktivitas sementara masyarakat yang datang berbelanja sudah membludak, karena kebutuhan rumah tangga setelah lebaran.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :