Topik Terhangat

Semakin Banyak Anggota DPR Aceh Rajin Bolos

Semakin Banyak Anggota DPR Aceh Rajin Bolos

Semakin Banyak Anggota DPR Aceh Rajin Bolos


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah mengakui banyak anggota dewan yang bolos atau tidak menghadiri sidang paripurna sejak beberapa bulan terakhir.

“Inilah yang kami sesali. Kami sudah berulang kali mengimbau anggota DPR Aceh menghadiri sidang paripurna,” kata Hasbi Abdullah di Banda Aceh, Kamis 15 Agustus 2013.

Pernyataan itu dikemukakan Hasbi Abdullah seusai memimpin sidang paripurna istimewa pergantian antarwaktu anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Aceh.

Pada sidang tersebut, hanya 26 orang dari 69 anggota DPR Aceh yang menghadirinya. Begitu juga sidang-sidang paripurna sebelumnya, dihadiri tidak lebih dari separuh anggota dewan.

“Untuk sidang hari ini, saya tidak tahu mengapa mereka banyak yang tidak hadir. Saya selalu mengimbau mereka untuk hadir. Jangan memalukan. Ketidakhadiran ini akan membuat opini negatif bagi lembaga dewan,” kata dia.

Hasbi Abdullah menegaskan, rapat paripurna dewan bukan hanya beban pimpinan DPR Aceh, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh wakil rakyat.

Oleh karena itu, ia mengharapkan tanggung jawab setiap anggota dewan. Apalagi dalam waktu ini banyak agenda penting memerlukan partisipasi aktif para wakil rakyat.

Agenda itu antara lain, pembahasan pertanggungjawaban keuangan 2012, mempercepat penyelesaian sejumlah rancangan qanun prioritas program legislasi 2013. Serta, penyelesaian rancangan anggaran perubahan 2013.

“Semua agenda penting tersebut membutuhkan keseriusan para anggota dewan. Kami juga berharap semuanya diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati,” demikian Hasbi Abdullah.

Sementara itu, Sekretaris DPR Aceh A Hamid Zein mengatakan, banyak anggota dewan yang tidak menghadiri sidang paripurna karena mereka sedang melakukan tugas keluar daerah.

“Mereka tugas keluar daerah seizin pimpinan DPR Aceh. Seperti ke Aceh Timur, mengunjungi korban kebakaran. Ada juga sedang tugas ke Medan dan Jakarta serta lima orang sedang kunjungan kerja ke luar negeri,” kata A Hamid Zein. (Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :